MARIA RIKHARDIS (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA UJARAN MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA MURID TUNARUNGU KELAS DASAR I SLB-B KARYA MURNI RUTENG KABUPATEN MANGGARAI PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR.
Text
sampul-ku.docx Download (51kB) |
|
Text
BAB 1-3.doc Download (335kB) |
|
Text
BAB IV- V.docx Download (59kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (16kB) |
|
Text
DOKUMENTASI PENELITIAN.docx Download (1MB) |
|
Text
Siklus I.docx Download (42kB) |
|
Text
Siklus 2.docx Download (44kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (59kB) |
Abstract
Maria Rikhardis 2012. Peningkatan Kemampuan Membaca Ujaran Melalui Metode Demonstrasi Pada Murid Tunarungu Kelas Dasar I SLB-B Karya Murni Ruteng Kabupaten Manggarai Provinsi Nusa Tenggara Timur” . Skripsi. Dibimbing oleh Drs Nahrawi, M.Si dan Dr. Parwoto, M.Pd pada Program Studi Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya kemampuan memabaca ujaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana kemampuan membaca ujaran melalui metode demonstrasi pada murid kelas dasar I SLB-B Karya Murni Ruteng?. 2) Bagaimana penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan membaca ujaran pada murid kelas dasar I SLB –B Karya Murni Ruteng?. Tujuan penelitian adalah 1) Untuk mengetahui bagaimana kemampuan membaca ujaran melalui metode demonstrasi pada murid kelas dasar I SLB-B Karya Murni Ruteng, 2) Untuk mengetahui bagaimana penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan kemampuan membaca ujaran pada murid kelas dasar I SLB –B Karya Murni Ruteng. Fokus penelitian adalah upaya guru dalam meningkatkan kemampuan memabaca ujaran melalui penerapan metode demonstrasi. Setting penelitian adalah SLB-B Karya Murni Ruteng Propinsi Nusa Tenggara Timur. Subjek penelitian murid tunarungu dengan jumlah murid 5 orang yang terdiri dari 2 orang perempuan dan 3 orang laki-laki. Teknik pengumpulan data adalah observasi, tes dan dokumentasi. Tehnik analisis data adalah kualitatif. Hasil penelitian: siklus I hasil belajar kemampuan membaca ujaran berada pada kategori cukup dan pada siklus II meningkat berada pada kategori sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan membaca ujaran pada murid kelas dasar I SLB –B Karya Murni Ruteng.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 13 Jan 2022 02:06 |
Last Modified: | 13 Jan 2022 02:06 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21727 |
Actions (login required)
View Item |