PENINGKATAN MEMBACA KATA MELALUI PENGGUNAAN PAPAN FLANEL PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR IV SLB NEGERI MAKASSAR

Nurhadi (2022) PENINGKATAN MEMBACA KATA MELALUI PENGGUNAAN PAPAN FLANEL PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR IV SLB NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Hal Depan baru.docx

Download (37kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (24kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (70kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (22kB)
[img] Text
BAB IV (1)-1.docx

Download (81kB)
[img] Text
BAB V-1.docx

Download (23kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.docx

Download (25kB)
[img] Text
Doc1.docx

Download (10kB)
[img] Text
INSTUMEN 3.docx

Download (55kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (11kB)

Abstract

NURHADI. 2012. Peningkatan Membaca Kata Melalui Penggunaan Papan Flanel Pada Murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar IV Di SLB Negeri Makassar. Skripsi dibimbing oleh Drs. Djoni Rosyidi, M. Pd dan Prof. Dr. H. Abdul Hadis, M.Pd. Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini di latarbelakangi oleh kondisi yang terjadi di SLB Negeri Makassar yang menunjukkan bahwa empat murid tunagrahita ringan kelas dasar IV yang mengalami hambatan dalam membaca yang berdampak pada hasil belajar bahasa Indonesia yang rendah. Adapun Masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah penggunaan papan flanel dapat meningkatkan hasil belajar membaca kata pada murid tunagrahita ringan kelas dasar IV SLB Negeri Makassar?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Apakah penggunaan papan flanel dapat meningkatkan hasil belajar membaca pada murid tunagrahita ringan kelas dasar IV SLB Negeri Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini berjumlah 4 (empat) murid tunagrahita ringan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Ada peningkatan kemampuan membaca pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB negeri Makassar melalui penggunaan papan flanel. Hal tersebut ditunjukkan bahwa hasil belajar membaca pada murid tunagrahita ringan kelas dasar IV di SLB Negeri Makassar sebelum penggunaan papan flanel berada pada kategori kurang tidak tuntas. Kemampuan membaca pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB Negeri Makassar setelah penggunaan papan flanel mengalami peningkatan yang signifikan yakni tiga murid berada pada kategori tuntas dan satu murid berada pada kategori tidak tuntas. Nilai yang diperoleh tiga murid telah mencapai kriteria ketuntasan minimal dan satu murid yakni SN belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal yang telah di tetapkan di SLB Negeri Makassar yakni KKM 65.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Jan 2022 01:39
Last Modified: 13 Jan 2022 01:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21722

Actions (login required)

View Item View Item