PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF INDEX CARD MATCH MURID TUNAGRAHITA RINGAN DI KELAS DASAR IV SLBN PEMBINA TINGKAT PROVINSI SULAWESI SELATAN

Budi Susanto (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF INDEX CARD MATCH MURID TUNAGRAHITA RINGAN DI KELAS DASAR IV SLBN PEMBINA TINGKAT PROVINSI SULAWESI SELATAN.

[img] Text
abstrak budi.docx

Download (88kB)
[img] Text
Skripsi Utuh.docx

Download (2MB)

Abstract

Budi Susanto, 2012. Peningkatan Hasil belajar IPS melalui penerapan strategi pembelajaran aktif index card match murid tunagrahita ringan di kelas dasar IV SLBN Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan. Skripsi. Dibimbing oleh Dra.Tatiana Meidina, M. Si dan Dra. Hj. St.Murni, M.Hum; Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana hasil belajar IPS murid tunagrahita ringan kelas Dasar IV SLBN Pembina sebelum penerapan strategi pembelajaran aktif index card match? (2) Bagaimanakah hasil belajar IPS murid tunagrahita ringan kelas Dasar IV SLBN Pembina sesudah penerapan strategi pembelajaran aktif index card match? (3) Apakah ada peningkatkan hasil belajar IPS pada murid tunagrahita ringan kelas dasar IV SLBN Pembina melalui penerapan strategi pembelajaran aktif index card match? Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui hasil belajar IPS murid tunagrahita ringan kelas Dasar IV SLBN Pembina sebelum penerapan strategi pembelajaran aktif index card match ? (2) Untuk mengetahui hasil belajar IPS murid tunagrahita ringan kelas Dasar IV SLBN Pembina sesudah penerapan strategi pembelajaran aktif index card match? (3) Untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar IPS pada murid tunagrahita ringan kelas dasar IV SLBN Pembina melalui penerapan strategi pembelajaran aktif index card match? Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data dikumpulkan dengan teknik tes tertulis,observasi dan dokumentasi. Populasi penelitian ini berjumlah enam orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dalam bentuk tabulasi data kemudian dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada murid tunagrahita ringan kelas dasar IV SLBN Pembina sebelum penerapan strategi pembelajaran aktif index card match berada pada kategori “tidak tuntas”. (2) Hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada murid tunagrahita ringan kelas dasar IV SLBN Pembina sesudah penerapan strategi pembelajaran aktif index card match berada pada kategori “tuntas”. (3) Ada peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada murid tunagrahita ringan kelas dasar IV SLBN Pembina melalui strategi pembelajaran aktif index card match .

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Jan 2022 01:28
Last Modified: 13 Jan 2022 01:28
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21719

Actions (login required)

View Item View Item