PENGGUNAAN BENTUK GEOMETRI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGELOMPOKKAN BANGUN DATAR PADA MURID TUNARUNGU KELAS DASAR II DI SLB-C YPPLB 2 MAKASSAR

MARIA GORETTI PARINGAN (2022) PENGGUNAAN BENTUK GEOMETRI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGELOMPOKKAN BANGUN DATAR PADA MURID TUNARUNGU KELAS DASAR II DI SLB-C YPPLB 2 MAKASSAR.

[img] Text
sampul.docx

Download (23kB)
[img] Text
Hal depan maria.docx

Download (45kB)
[img] Text
BAB I-1.docx

Download (22kB)
[img] Text
BAB II baru.doc

Download (117kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (23kB)
[img] Text
BAB IV-1.docx

Download (63kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (16kB)
[img] Text
DP.docx

Download (17kB)
[img] Text
Dokumentasi Penelitian.docx

Download (357kB)
[img] Text
Lampiran 3.docx

Download (28kB)
[img] Text
Validasi fix maria.docx

Download (18kB)

Abstract

MARIA GORETTI. 2012. Penggunaan Bentuk Geometri dalam Meningkatkan Kemampuan Mengelompokkan Bangun Datar Pada Murid Tunarungu Kelas Dasar II SLB-C YPPLB 2 Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Djoni Rosyidi, M. Pd. dan Drs. Mufa’adi, M. Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini di latar belakangi oleh fenomena yang terjadi di SLB-C YPPLB 2 Makassar, dimana terdapat murid tunarungu di kelas dasar II yang mengalami kesulitan dalam mengelompokkan bangun datar. Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kemampuan mengelompokkan bangun datar pada murid tunarungu kelas dasar II di SLB-C YPPLB 2 Makassar sebelum penggunaan bentuk geometri?, 2) Bagaimana kemampuan mengelompokkan bangun datar pada murid tunarungu kelas dasar II di SLB-C YPPLB 2 Makassar setelah penggunaan bentuk geometri?, 3) Apakah ada peningkatan kemampuan mengelompokkan bangun datar pada murid tunarungu kelas dasar II di SLB-C YPPLB 2 Makassar melalui penggunaan bentuk geometri?. Tujuan penelitian ini: 1) Untuk mengetahui kemampuan mengelompokkan bangun datar pada murid tunarungu kelas dasar II di SLB-C YPPLB 2 Makassar sebelum penggunaan bentuk geometri?, 2) Untuk mengetahui kemampuan mengelompokkan bangun datar pada murid tunarungu kelas dasar II di SLB-C YPPLB 2 Makassar setelah penggunaan bentuk geometri?, 3) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengelompokkan bangun datar pada murid tunarungu kelas dasar II di SLB-C YPPLB 2 Makassar melalui penggunaan bentuk geometri?. Penelitian ini dilaksanakan di SLB-C YPPLB 2 Makassar. Data dikumpulkan dengan teknik tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif kemudian divisualisasikan dalam bentuk tabel dan grafik batang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan mengelompokkan bangun datar pada murid tunarungu kelas dasar II di SLB-C YPPLB 2 Makassar sebelum penggunaan bentuk geometri berada pada kategori “tidak tuntas”. 2) Kemampuan mengelompokkan bangun datar pada murid tunarungu kelas dasar II di SLB-C YPPLB 2 Makassar setelah penggunaan bentuk geometri. Tiga murid yakni (YD, DW dan EX) pada tes akhir mengelompokkan bangun datar melalui penggunaan bentuk geometri dikategorikan tuntas sedangkan satu murid yakni AL masih berada pada kategori tidak tuntas. 3) Terjadi peningkatan kemampuan mengelompokkan bangun datar pada murid tunarungu kelas dasar II di SLB-C YPPLB 2 Makassar melalui penggunaan bentuk geometri.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 Jan 2022 02:40
Last Modified: 12 Jan 2022 02:40
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21713

Actions (login required)

View Item View Item