PENERAPAN MEDIA CUBARITME UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PADA MURID TUNANETRA KELAS DASAR II SLB-A YAPTI MAKASSAR

SERLIANI LA’LANG (2022) PENERAPAN MEDIA CUBARITME UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PADA MURID TUNANETRA KELAS DASAR II SLB-A YAPTI MAKASSAR.

Full text not available from this repository.

Abstract

SERLIANI LA’LANG. 2012.Penerapan Media CubaritmeUntuk Meningkatkan Hasil Belajar Penjumlahan dan Pengurangan Pada Murid Tunanetra Kelas Dasar II SLB-A YAPTI Makassar.Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. St. Murni, M.Hum dan Dra. Tatiana Meidina, M.Si. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Studi ini menelaah penerapan media cubaritme sebagai upaya meningkatkan hasil belajar penjumlahan dan pengurangan murid tunanetra kelas dasar II SLB-A YAPTI Makassar. Permasalahan pokok yang dikaji yaitu apakah ada peningkatan hasil belajar penjumlahan dan pengurangan pada murid tunanetra kelas dasar II SLB-A YAPTI Makassar setelah penggunaan media cubaritme. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah 2 orang murid tunanetra kelas dasar II SLB-A YAPTI Makassar. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes tertulis. Data diolah dengan analisis deskriptif kuantitatif dan disajikan dalam bentuk grafik batang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar penjumlahan dan pengurangan melalui media cubaritme pada murid tunanetra kelas dasar II SLB-A YAPTI Makassar sebelum menggunakan media cubaritme, termasuk dalam kategori tidak tuntas. Kemudian hasil belajar penjumlahan dan pengurangan melalui media cubaritme pada murid tunanetra kelas dasar II SLB-A YAPTI Makassar sesudah menggunakan media cubaritme, termasuk dalam kategori tuntas. Kesimpulan hasil penelitian yaitu terjadi peningkatan hasil belajar penjumlahan dan pengurangan murid tunanetra kelas dasar II SLB-A YAPTI Makassar dengan penggunaan media cubaritme.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 Jan 2022 02:30
Last Modified: 12 Jan 2022 02:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21711

Actions (login required)

View Item View Item