PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA MURID TUNARUNGU KELAS DASAR II DI SLB NEGERI PEMBINA TINGKAT PROVINSI SULAWESI - SELATAN

Rosdiana (2022) PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA MURID TUNARUNGU KELAS DASAR II DI SLB NEGERI PEMBINA TINGKAT PROVINSI SULAWESI - SELATAN.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (25kB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL.docx

Download (51kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (22kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (1MB)
[img] Text
BAB III. baru doc.doc

Download (44kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (70kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (17kB)
[img] Text
DOKUMENTASI.docx

Download (820kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (29kB)

Abstract

Rosdiana.2012.Penggunaan Media Gambar Animasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Murid Tunarungu Kelas Dasar II Di SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan, Skripsi. Dibimbing Oleh Drs Mufa’adi,M.Si Dan Drs.Mustafa,M.Si Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah kemampuan membaca permulaan murid tunarungu kelas dasar II Di SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan yang masih rendah hal ini di tunjukkan oleh perbendaharaan kata yang dimiliki anak sangat terbatas, sulitnya mengartikan kata-kata, dan kemampuan bahasa tidak lancar. oleh karena itu rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Bagaimanakah kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan media gambar animasi pada murid tunarugu kelas dasar II Di SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan?. Tujuan penelitian yaitu: Untuk memperoleh gambaran mengenai kemampuan membaca permulaan pada murid tunarungu kelas dasar II Di SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan sebelum dan sesudah penggunaan media gambar animasi, dan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan kemampuan membaca permulaan murid tunarungu kelas dasar II Di SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan melalui penggunaan media gambar animasi . Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi dan tes. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. adapun populasi dalam penelitian ini sebanyak 4 orang murid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: penggunaan media gambar animasi dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada Murid Tunarungu Kelas Dasar II Di SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan, Hal tersebut dapat dilihat dari: 1). Kemampuan membaca permulaan pada murid tunarungu kelas dasar II di SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan sebelum penggunaan media gambar animasi menunjukkan kategori kurang mampu. 2). Kemampuan membaca permulaan pada murid tunarungu kelas dasar II di SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan setelah penggunaan media gambar animasi menunjukkan kategori mampu. 3). Terdapat peningkatan kemampuan membaca permulaan pada murid tunarungu kelas dasar II di SLB Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan dari kategori kurang mampu menjadi kategori mampu , berarti penggunaan media gambar animasi terbukti efektif meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada murid tunarunngu kelas dasar II di SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 Jan 2022 01:25
Last Modified: 12 Jan 2022 01:25
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21702

Actions (login required)

View Item View Item