Peningkatan Kemampuan Menulis Kata Melalui Latihan Motorik Halus Pada Murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar II di SDLB Tenda Ruteng

Agustina Kornelia Juita (2022) Peningkatan Kemampuan Menulis Kata Melalui Latihan Motorik Halus Pada Murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar II di SDLB Tenda Ruteng.

[img] Text
Skripsi Baru Ibu Inna.docx

Download (273kB)

Abstract

Agustina Kornelia Juita. 2012. Peningkatan Kemampuan Menulis Kata Melalui Latihan Motorik halus Pada Murid tunagrahita ringan Kelas Dasar II Di SDLB Tenda Ruteng. Skripsi. Dibimbing Oleh Dra Tatiana meidina. M.Si dan Dra. Hj St Murni, M.Hum. Jurusan Pendidikan Luar Biasa. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar Masalah utama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan menulis kata melalui latihan motorik halus pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SDLB Tenda Ruteng .Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Kemampuan menulis kata pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SDLB Tenda Ruteng sebelum diberikan latihan motorik halus; 2). Kemampuan menulis kata pada murid tunagrahita sedang kelas dasar II di SDLB Tenda Ruteng setelah diberikan latihan motorik halus dan 3) untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis kata pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SDLB Tenda Ruteng melalui latihan motorik halus . Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi penelitian adalah murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SDLB tenda Ruteng pada tahun ajaran 2010/2011 sebanyak 4 orang murid. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tekhnik tes perbuatan Data yang diperoleh diolah secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis kata pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SDLB Tenda Ruteng sebelum latihan motorik halus termasuk dalam kategori tidak tuntas. Sedangkan setelah latihan motorik halus kemampuan menulis pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SDLB Tenda Ruteng mengalami peningkatan menjadi kategori tuntas. Hal ini dapat diartikan bahwa latihan motorik halus dapat meningkatkan kemampuan menulis kata pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SDLB Tenda Ruteng.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 11 Jan 2022 06:55
Last Modified: 11 Jan 2022 06:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21700

Actions (login required)

View Item View Item