Peningkatan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Melalui Penggunaan Alat Bantu Dengar Pada Siswa Tunarungu di SMP-LB Karya Murni Ruteng

Stephanus Tabur (2022) Peningkatan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Melalui Penggunaan Alat Bantu Dengar Pada Siswa Tunarungu di SMP-LB Karya Murni Ruteng.

[img] Text
PERSETUJUAN PEMBIMBING.docx

Download (70kB)
[img] Text
SKRIPSI BARU ( YANG SUDAH DISAHKAN ).doc

Download (307kB)

Abstract

Stephanus Tabur, 2012. Peningkatan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Melalui Penggunaan Alat Bantu Dengar padaSiswa Tuna rungu di SMPLB-B Karya Murni Ruteng Kabupaten Manggarai. Skripsi dibimbing oleh Drs. Mustafa, M.Si dan Drs. Nahrawi, M.Si. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian adalah rendahnya motivasi belajar siswa tuna rungu lemah pendengaran di SMPLB-B Karya Murni Ruteng Kabupaten Manggarai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan motivasi belajar bahasa Indonesia siswa tunarungu lemah pendengaran melalui penggunaan alat bantu dengar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Unit analisis data sebanyak 3 orang siswa tunarungu lemah pendengaran SMPLB-B Karya Murni Ruteng tahun ajaran 2011/2012. Pengumpulan data ditempuh dengan teknik observasi dan teknik wawancara, sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar bahasa Indonesia tunarungu lemah pendengaran siswa SMPLB-B Karya Murni Ruteng sebelum menggunakan alat bantu dengar masih rendah. Setelah menggunakan alat bantu dengar dalam kegiatan pembelajaran siswa SMPLB-B Karya Murni Ruteng mengalami peningkatan motivasi belajar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 11 Jan 2022 06:41
Last Modified: 11 Jan 2022 06:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21698

Actions (login required)

View Item View Item