PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BERHITUNG MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN DI KELAS DASAR III SDLB NEGERI I MAPPAKASUNGGU KABUPATEN TAKALAR

Mantasia (2022) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BERHITUNG MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN DI KELAS DASAR III SDLB NEGERI I MAPPAKASUNGGU KABUPATEN TAKALAR.

[img] Text
cover-mene.docx

Download (40kB)
[img] Text
abstrak-pengshan.docx

Download (49kB)
[img] Text
BAB-I-SKRI.docx

Download (21kB)
[img] Text
BAB-II-SKIR.docx

Download (68kB)
[img] Text
BAB-III-SKRIP.docx

Download (25kB)
[img] Text
BAB-IV-SKRIP.docx

Download (69kB)
[img] Text
BAB-V-SKRIP.docx

Download (21kB)
[img] Text
KISI-KISI.docx

Download (128kB)
[img] Text
Lembar Pengamatan Pembelajaran NHT.docx

Download (51kB)
[img] Text
data menta.docx

Download (17kB)
[img] Text
bukti perbaikan.docx

Download (20kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (11kB)

Abstract

MANTASIA, 2011 Peningkatan prestasi belajar berhitung penjumlahan melalui pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada murid tunagrahita ringan kelas dasar III di SDLB Negeri I Mappakasunggu Kabupaten Takalar. Skripsi Dibimbing oleh Drs. M. Shodiq AM, M.Pd. dan Prof.Dr.H.Abd.Hadis,M.Pd. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Murid tunagrahita ringan di kelas dasar III memiliki prestasi belajar rendah dalam hal berhitung karena model atau metode pembelajaran yang diterapkan selama ini belum sesuaidengan karakteristik anak tunagrahita ringan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar berhitung melalui pembelajaran kooperatiftipe Numbered Head Together (NHT) pada murid tunagrahita ringan kelas dasar III di SDLB Negeri I Mappakasunggu Kabupaten Takalar, karena hanya mencapai 45 dari nilai KKM yang ditetapkan yaitu 60. Penelitian ini merupakan pelitian kuantitatif dengan jenis deskriptif yang menggunakan model kelompok yang dikenai tes awal dan tesakhir, subjek penelitian ini adalah murid Tunagrahita ringan kelas dasar III di SDLB Negeri I Mappakasunggu Kabupaten Takalar berjumlah 6 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes. Data diolah secara deskriptif Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar berhitung penjumlahan murid tunagrahita ringan kelas dasar III SDLB Negeri I Mappakasunggu Kabupaten Takalar sebelum pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT )tergolong tidak tuntas, sedangkan prestasi belajar berhitung penjumlahan murid tunagrahita ringan setelah pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) tergolong tuntas. Terdapat peningkatan prestasi belajar berhitung penjumlahan melalui pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT )pada murid tunagrahita ringan di kelas dasar III SDLB Negeri I Mappakasunggu Kabupaten Takalar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 11 Jan 2022 06:23
Last Modified: 11 Jan 2022 06:23
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21697

Actions (login required)

View Item View Item