PENERAPAN METODE DISCOVERY INQUIRY DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR IV SLB NEGERI BAJAWA NTT

Blandina Owa (2022) PENERAPAN METODE DISCOVERY INQUIRY DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR IV SLB NEGERI BAJAWA NTT.

[img] Text
KATA PENGANTAR.doc

Download (253kB)
[img] Text
BLANDINA OWA NTT.doc

Download (576kB)

Abstract

BLANDINA OWA, 2012, Penerapan Metode Discovery Inquiry Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Pada Murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar IV SLB Negeri Bajawa NTT. Dibimbing oleh Dra. Hj. St. Murni, M. Hum dan Drs. H. Syamsuddin, M. Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah penerapan metode discovery inquiry sebagai upaya meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan alam pada murid tunagrahita ringan Kelas Dasar IV SLB Negeri Bajawa NTT. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah peningkatan hasil belajar ilmu pengetahuan alam pada murid tunagrahita ringan Kelas Dasar IV SLB Negeri Bajawa NTT sebelum dan setelah penerapan metode discovery inquiry. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif. Adapun jumlah populasi sebanyak 5 orang murid tunagahita ringan Kelas Dasar IV SLB Negeri Bajawa NTT tahun ajaran 2010/2011. Pengumpulan data ditempuh dengan teknik tes, sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar ilmu pengetahuan alam pada murid tunagrahita ringan Kelas Dasar IV SLB Negeri Bajawa NTT sebelum penerapan metode discovery inquiry termasuk dalam kategori rendah dan setelah penerapan metode discovery inquiry hasil belajar ilmu pengetahuan alam pada murid tunagrahita ringan Kelas Dasar IV SLB Negeri Bajawa NTT mengalami peningkatan dan termasuk dalam kategori cukup, walaupun terdapat 1 orang murid masih dalam kaegori rendah, namun dari segi perolehan nilai kepada satu orang murid nampak terjadi peningkatan dari tes awal sampai dengan tes akhir. Terdapat perbedaan hasil belajar ilmu pengetahuan alam pada murid tunagrahita ringan Kelas Dasar IV SLB Negeri Bajawa NTT dari sebelum penerapan metode discovery inquiry hingga penerapan metode discovery inquiry. Kesimpulan hasil penelitian yaitu terjadi peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam melalui penerapan metode discovery inquiry pada murid tunagrahita ringan Kelas Dasar IV SLB Negeri Bajawa NTT.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 11 Jan 2022 06:05
Last Modified: 11 Jan 2022 06:05
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21694

Actions (login required)

View Item View Item