Peningkatan Kualitas Pendidikan Seni melalui Pengembangan Kurikulum Pendidikan Seni Berbasis Kompetensi di Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK)

Muhammad Rapi, Muhammad Rapi (2007) Peningkatan Kualitas Pendidikan Seni melalui Pengembangan Kurikulum Pendidikan Seni Berbasis Kompetensi di Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK). Harmonia, VIII (1). pp. 53-59. ISSN 1411-5115

[img]
Preview
Text
JURNAL HARMONIA VOL.VIII NO.1, JAN-APRIL 2007.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
PEER REVIEWER JURNAL HARMONIA.pdf

Download (511kB) | Preview

Abstrak Pendidikan seni khususnya Pendidikan Tinggi Seni, diharapkan dapat menjadi wadah pengkajian, pengembangan dan pelestarian seni Indonesia secara berimbang dan terus-menerus, baik dalam tataran praktis maupun epistomologi. Pendidikan Tinggi Seni memiliki peluang sangat strategis untuk menyiapkan individu-individu yang kreatif dan inovatif jika dirancang dan dilaksanakan berdasarkan pendekatan akademik yang menoleransi lingkungan belajar yang fleksibel, proses pembelajaran yang unik, serta aktivitas dan metode instruksional yang sahih. Perialanan panjang pendidikin tinggi seni di Indonesia- sejauh ini menunjukkan bahwa pemenuhan fungsi edukasional dan kultural oleh pendidikan tinggi masih beJum optimal. Sementara itu perubahan sosial yang telah terjadi membawa pengaruh yang tidak terhindarkan, baik bagi kehidupan pada umumnya maupun bagi dunia seni itu sendiri, dalam berbagai aspek seperti : makna, proses kreatif, cita rasa, konsep, komunikasi, fungsi dan lain sebagainya. Dalam kondisi tersebut, hasil pendidikan seni belum dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia, dan belum mampu meningkatkan daya saing bangsa lndonesia. Kata kunci: paradigma baru, kurikulum, dan pendidikan seni.

Item Type: Article
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Herling HR Sahade
Date Deposited: 06 Mar 2017 04:47
Last Modified: 06 Mar 2017 04:47
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2168

Actions (login required)

View Item View Item