PENINGKATAN KEMAMPUAN MENENTUKAN SUDUT MELALUI MEDIA JAM DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MURID KELAS DASAR V TUNARUNGU DI SDLB SOMBA OPU KABUPATENGOWA

Cahaya (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENENTUKAN SUDUT MELALUI MEDIA JAM DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MURID KELAS DASAR V TUNARUNGU DI SDLB SOMBA OPU KABUPATENGOWA.

[img] Text
Sampul Lengkap Cahaya.docx

Download (40kB)
[img] Text
Bab I Cahaya.docx

Download (38kB)
[img] Text
Bab II Cahaya.docx

Download (72kB)
[img] Text
Bab III Cahaya.docx

Download (47kB)
[img] Text
Bab IV Cahaya.docx

Download (53kB)
[img] Text
Bab V Cahaya.docx

Download (35kB)
[img] Text
Daftar Pustaka Cahaya.docx

Download (37kB)
[img] Text
Lampiran Cahaya Baru.docx

Download (481kB)
[img] Text
Foto Pelaksanaan Penelitian.docx

Download (15MB)
[img] Text
Saran Perbaikan Hasil Cahaya.docx

Download (33kB)
[img] Text
Riwayat Hidup Cahaya.docx

Download (35kB)

Abstract

Cahaya, 2012. Peningkatan Kemampuan Menentukan Sudut Melaui Media Jam Dalam Pembelajaran Matematika pada Murid Kelas Dasar V Tunarungu SDLB Somba Opu Kabupaten Gowa. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. M. Shodiq AM. M.Pd. dan Drs. A. Budiman, M.Kes. Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Makassar Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan media jam dapat meningkatkan kemampuan menentukan sudut dalam pembelajaran matematika murid kelas dasar V tunarungu SDLB Somba Opu Kabupaten Gowa?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan menentukan sudut melalui media jam dalam pembelajaran matematika pada murid kelas dasar V tunarungu SDLB Somba Opu Kabupaten Gowa. Fokus penelitian adalah penggunaan media jam dan kemampuan murid menentukan sudut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian adalah murid tunarungu kelas dasar V berjumlah 2 orang dan keduanya adalah perempuan. Data hasil observasi dan tes dianalisis dalam bentuk deskriptif berdasarkan tingkat penguasaan dan ketuntasan murid belajar pada setiap siklus. Pada siklus I kemampuan yang dicapai murid menentukan sudut belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sehingga tindakan dilanjutkan ke siklus II. Pada Siklus II tingkat kemampuan belajar dari 2 (dua) orang murid dikategorikan tuntas dan telah memenuhi KKM. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media jam kemampuan murid menentukan sudut dapat meningkat.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 11 Jan 2022 01:49
Last Modified: 11 Jan 2022 01:49
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21679

Actions (login required)

View Item View Item