PENERAPAN METODE EKSPERIMEN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR IV DI SLB YPP BAJENG RAYA KABUPATEN GOWA

HAWAIDAH (2022) PENERAPAN METODE EKSPERIMEN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR IV DI SLB YPP BAJENG RAYA KABUPATEN GOWA.

[img] Text
HAL.DPN.docx

Download (51kB)
[img] Text
BAB I.doc

Download (43kB)
[img] Text
BAB II.doc

Download (122kB)
[img] Text
BAB III.doc

Download (44kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (56kB)
[img] Text
BAB V.doc

Download (33kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.doc

Download (36kB)
[img] Text
Dokumentasi.docx

Download (2MB)
[img] Text
KISI-KISI dan Instrumen.docx

Download (16kB)
[img] Text
Data Mentah.docx

Download (13kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (12kB)

Abstract

Hawaidah 2012. Penerapan Metode Eksperimen Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar IV Di SLB YPP Bajeng Raya. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Tatiana Meidina, M.Si dan Drs. Nahrawi, M.Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah ada peningkatan hasil belajar IPA setelah penggunaan metode eksperimen pada murid tunagrahita ringan kelas dasar IV di SLB YPP Bajeng Raya Kabupaten Gowa?. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA setelah penggunaan metode eksperimen pada murid tunagrahita ringan kelas dasar IV di SLB YPP Bajeng Raya Kabupaten Gowa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini menggunakan satu peubah, yakni metode eksperimen dalam meningkatkan hasil belajar IPA. Populasi penelitian sebanyak 3 orang murid. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes perbuatan dan teknik analisis data analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil belajar IPA murid tunagrahita ringan kelas dasar IV di SLB YPP Bajeng Raya sebelum penggunaan metode eksperimen berada dalam kategori tidak tuntas. 2) Hasil belajar IPA murid tunagrahita ringan kelas dasar IV di SLB YPP Bajeng Raya sebelum penggunaan metode eksperimen berada dalam kategori tuntas. 3) Ada peningkatan hasil belajar IPA murid tunagrahita ringan kelas dasar IV di SLB YPP Bajeng Raya sesudah diterapkan metode eksperimen, berarti bahwa metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada murid tunagrahita ringan kelas dasar IV di SLB YPP Bajeng Raya.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 11 Jan 2022 01:25
Last Modified: 11 Jan 2022 01:25
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21676

Actions (login required)

View Item View Item