Peningkatan Kemampuan Berhitung Penjumlahan Melalui Penggunaan Media Gambar Pada Murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar II di SLB Negeri Ende

Grasiana Wende (2022) Peningkatan Kemampuan Berhitung Penjumlahan Melalui Penggunaan Media Gambar Pada Murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar II di SLB Negeri Ende.

[img] Text
sAMPUL BARU.docx

Download (43kB)
[img] Text
hal depana baru.doc

Download (99kB)
[img] Text
BAB I. Grasiana baru.docx

Download (24kB)
[img] Text
BAB II baru.doc

Download (141kB)
[img] Text
BAB III baru.doc

Download (61kB)
[img] Text
BAB IV baru.docx

Download (56kB)
[img] Text
BAB V baru.doc

Download (32kB)
[img] Text
Daftar Pustaka Baru.doc

Download (35kB)
[img] Text
LAMPIRAN baru.doc

Download (1MB)

Abstract

Grasiana Wende, 2011, Peningkatan Kemampuan Berhitung Penjumlahan Melalui Penggunaan Media Gambar Pada Murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar II di SLB Negeri Ende, Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Dwiyatmi Sulasminah, M. Pd dan Drs. Andi Budiman, M. Kes. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi murid tunagrahita di SLB Negeri Ende yang mengalami kesulitan dalam hal berhitung. Oleh karena itu, masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah gambaran kemampuan berhitung penjumlahan murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB Negeri Ende sebelum penggunaan media gambar?. 2) Bagaimanakah gambaran kemampuan berhitung penjumlahan murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB Negeri Ende sesudah penggunaan media gambar? 3) Apakah ada peningkatan kemampuan berhitung penjumlahan dengan adanya penggunaan media gambar pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB Negeri Ende? Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui kemampuan berhitung penjumlahan murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB Negeri Ende sebelum penggunaan media gambar. 2) Untuk mengetahui kemampuan berhitung penjumlahan murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB Negeri Ende sesudah penggunaan media gambar. 3) Untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan kemampuan berhitung penjumlahan dengan penggunaan media gambar murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB Negeri Ende. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun populasi penelitian sebanyak 3 orang murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB Negeri Ende pada tahun ajaran 2010/2011. Pengumpulan data yang dilakukan dengan teknik tes, sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan berhitung penjumlahan murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB Negeri Ende sebelum penggunaan media gambar berada dalam kategori tidak tuntas. 2) Kemampuan berhitung penjumlahan murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB Negeri Ende sesudah penggunaan media gambar berada dalam kategori tuntas. 3) Ada peningkatan hasil belajar berhitung Penjumlahan pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II melalui penggunaan media gambar, berarti bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan kemampuan berhitung penjumlahan pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB Negeri Ende.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 10 Jan 2022 05:41
Last Modified: 10 Jan 2022 05:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21667

Actions (login required)

View Item View Item