PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA GAMBAR DENGAN TEKS PADA MURID TUNARUNGU KELAS DASAR II DI SLB NEGERI 1 MAPPAKASUNGGU KABUPATEN TAKALAR

SAHBAN NUR (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA GAMBAR DENGAN TEKS PADA MURID TUNARUNGU KELAS DASAR II DI SLB NEGERI 1 MAPPAKASUNGGU KABUPATEN TAKALAR.

[img] Text
Sampul Skripsi.docx

Download (42kB)
[img] Text
Bab I Sahban Nur.docx

Download (23kB)
[img] Text
Bab II Sahban Nur.docx

Download (43kB)
[img] Text
Bab III Sahban Nur.docx

Download (29kB)
[img] Text
Bab IV Sahban Nur.docx

Download (78kB)
[img] Text
Bab V Sahban Nur.docx

Download (23kB)
[img] Text
Contoh gambar.docx

Download (405kB)
[img] Text
gambar media.docx

Download (1MB)
[img] Text
Lamp 1 Kisi-kisi.docx

Download (15kB)
[img] Text
Lamp 2 RPP.docx

Download (44kB)
[img] Text
Lamp 3 Media gambar.docx

Download (580kB)
[img] Text
Lamp 3 Media gambar.docx

Download (580kB)
[img] Text
Lamp 4 Kisi & Instrumen tes.docx

Download (38kB)
[img] Text
Riwayat Hidup.docx

Download (16kB)

Abstract

SAHBAN NUR. 2011. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Gambar dengan Teks pada Murid Tunarungu Kelas Dasar II Di SLB Negeri 1 Mappakasunggu Kabupaten Takalar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. M. Shodiq AM., M.Pd. dan Dra. Hj. St. Murni, M.Hum. Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah utama dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan media gambar dengan teks dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan murid tunarungu kelas dasar II di SLB Negeri 1 Mappakasunggu Kabupaten Takalar? Sedangkan tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca permulaan murid tunarungu kelas dasar II setelah penggunaan media gambar dengan teks dalam pembelajaran di SLB Negeri 1 Mappakasunggu Kabupaten Takalar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif jenis penelitian deskriptif dan disain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari dua siklus di mana setiap siklus dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan. Prosedur kegiatan dalam penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah murid tunarungu kelas dasar II SLB Negeri 1 Mappaksunggu yang berjumlah 4 murid. Fokus penelitian ini adalah: 1) Penggunaan media gambar dengan teks pada pembelajaran bahasa, dan 2) Kemampuan membaca permulaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan tes perbuatan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif untuk hasil observasi dan analisis kuantitatif untuk nilai hasil tes. Data tes hasil belajar yang diperoleh di-scoring dan ditabulasikan kemudian dihitung sesuai kriteria ketuntasan minimal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan gambar dengan teks dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan murid tunarungu kelas dasar II SLB Negeri 1 Mappakasunggu. Hal ini dapat dilihat pada kemampuan membaca permulaan murid pada siklus I seluruhnya dikategorikan tidak tuntas kemudian meningkat pada siklus II menjadi tiga murid yang dikategorikan tuntas dari empat murid tunarungu kelas dasar II SLB Negeri 1 Mappaksunggu Kabupaten Takalar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 10 Jan 2022 05:35
Last Modified: 10 Jan 2022 05:35
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21666

Actions (login required)

View Item View Item