PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR IV DI SLB BONTOHARU KABUPATEN SELAYAR.

Gusniati (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR IV DI SLB BONTOHARU KABUPATEN SELAYAR.

[img] Text
sampulnya gusni.doc

Download (102kB)
[img] Text
PERSETUJUAN PEMBIMBING.docx

Download (65kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (18kB)
[img] Text
DAFTAR TABEL.docx

Download (19kB)
[img] Text
skripx gusni.docx

Download (83kB)
[img] Text
Lembat observasi kehadiran dan aktivitas murid selama pelaksanaan pembelajaran matematika mengg.doc

Download (615kB)
[img] Text
daftar pustakanya gusni.docx

Download (18kB)
[img] Text
Lembat observasi kehadiran dan aktivitas murid selama pelaksanaan pembelajaran matematika mengg.doc

Download (615kB)
[img] Text
Riwayat Hidup.docx

Download (45kB)

Abstract

Gusniati , 2011. Meningkatkan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI). SKRIPSI. Dibimbing oleh Dra.Tatiana Meidina, M.si dan Dra.A.Budiman, M. Kes. Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah pembelajaran matematika dilaksanakan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Team Assited Individu(TAI) pada murid tunagrahita ringan kelas dasar IV di SLB Bontoharu Kabupaten Selayar dapat meningkat . Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui pembelajaran matematika yang dilaksanakan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Team Assisted Individu(TAI) pada murid tunagrahita ringan kelas dasar IV di SLB Bontoharu Kabupaten Selayar dengan pendekatan penelitian kualitatif. Pada semester ganjil 2011/2012, dengan jumlah murid 6 orang yang terdiri dari laki-laki 5 orang dan perempuan 1 orang. Pada pelaksanaan murid dibagi menjadi 2 kelompok . Siklus I dan siklus II masing-masing 3 kali petemuan. Pengambilan data dilaksanakan dengan menggunakan lembar observasi dan data hasil belajar , data tes hasil belajar yang terkumpul di analisis menggunakan analisis kuantitatif dan data hasil observasi di analisis dengan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan nilai hasil belajar matematika pada siklus I berada pada kategori cukup, sedangkan pada siklus II berada pada kategori baik sekali. Hal ini menunjukkan telah tercapainya hasil belajar murid karena telah mencapai KKM yang ada . kesimpulan bahwa dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Team Assited Individualization (TAI) pada anak tunagrahita ringan kelas dasar IV di SLB Bontoharu Kabupaten Selayar dalam proses pembelajaran, maka hasil belajar matematika dapat meningkat dan keaktifan murid dapat meningkat.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 10 Jan 2022 03:13
Last Modified: 10 Jan 2022 03:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21665

Actions (login required)

View Item View Item