PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR III DI SLB-C YPPLB MAKASSAR

RISNAWATI (2022) PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR III DI SLB-C YPPLB MAKASSAR.

[img] Text
sampul baru.doc

Download (55kB)
[img] Text
Prakata baru.doc

Download (147kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (26kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (47kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (32kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (72kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (21kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (20kB)
[img] Text
Lampiran.docx

Download (61kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP PENULIS.docx

Download (40kB)

Abstract

Risnawati, 2011. Penerapan pendekatan kontekstual dalam meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan alam pada murid tunagrahita ringan kelas dasar III Di SLB-C YPPLB Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. H. Agus Marsidi, M. Si dan Dra. Hj. St. Kasmawati. M.Si. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan alam dengan menerapkan pendekatan kontekstual pada murid tunagrahita ringan pada kelas dasar III Di SLB-C YPPLB Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar ilmu pengetahuan alam dengan menerapkan pendekatan kontekstual pada murid tunagrahita ringan kelas dasar III Di SLB-C YPPLB Makassar. Pendekatan yang digunakan yaitu kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah murid tunagrahita ringan kelas dasar III di SLB-C YPPLB Makassar pada tahun ajaran 2011/ 2012 sebanyak 4 orang murid. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes tertulis dan tehnik dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkakn bahwa skor rata-rata hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam pada murid tunagrahita ringan kelas dasar III Di SLB-C YPPLB Makassar sebelum diterapkan pendekatan kontekstual dengan melihat Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) termasuk dalam kategori tidak tuntas. Sedangkan setelah menerapkan pendekatan kontekstual pada murid tunagrahita ringan kelas dasar III Di SLB-C YPLB Makassar mengalami peningkatan dengan melihat Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) menjadi kategori tuntas. Hal ini dapat diartikan bahwa penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam pada murid tunagrahita ringan kelas dasar III Di SLB-C YPPLB Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 10 Jan 2022 02:43
Last Modified: 10 Jan 2022 05:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21660

Actions (login required)

View Item View Item