Murifaldi, Andi (2021) PERANCANGAN BUKU POP-UP RUMAH ADAT SULAWESI SELATAN UNTUK ANAK-ANAK. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.
Text
Artikel.pdf Download (1MB) |
Abstract
Perancangan ini bertujuan untuk membuat media edukasi dan informasi yang menarik dan kreatif tentang rumah adat Sulawesi Selatan yang ditujukan kepada anak-anak yang berada di Sulawesi Selatan secara umum dan di Kota Makassar secara khusus dalam bentuk ilustrasi pop-up yang kemudian disatukan menjadi sebuah buku agar dapat menarik minat dan perhatian pembaca. Metode perancangan yang digunakan adalah metode Research and Development atau metode penelitian dan pengembangan. Model pengembangan yang digunakan dalam metode ini adalah model 4-D ( Four D ) yaitu Define atau pendefinisian, Design atau perancangan, Develop atau pengembangan, dan Disseminate atau penyebarluasan. Namun, dalam penelitian ini langkah-langkah penelitian yang dilakukan hanyalah pada tahap Define dan Design. Data yang digali dalam penelitian adalah data kajian kepustakaan, observasi, serta dokumentasi mengenai rumah-rumah adat yang ada di Sulawesi Selatan yang di khususkan pada empat suku di Sulawesi Selatan, yaitu suku Bugis, Makassar, Toraja, dan Mandar. Adapun tahapan perancangan yakni antara lain memilih satu rumah adat dari masing-masing suku, membuat prototype pop�up dari rumah-rumah adat tersebut, membuat konsep karakter, mendesain bentuk pop-up rumah-rumah adat tersebut, digitalisasi, dan layout, yang kemudian dilakukan serangkaian finalisasi akhir untuk memperkenalkan dan menarik perhatian serta minat anak-anak terhadap produk yang dibuat. Hasil perancangan ini berupa buku ilustrasi pop-up rumah adat Sulawesi Selatan sebagai media edukasi dan informasi yang menarik serta kreatif.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Desain Komuniksi Visual |
Divisions: | FAKULTAS SENI DAN DESAIN |
Depositing User: | Pustaka FSD yayu |
Date Deposited: | 12 Apr 2022 02:36 |
Last Modified: | 12 Apr 2022 02:36 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21594 |
Actions (login required)
View Item |