STUDI KOMPARASI GERAK TARI SALONRENG VERSI DESA ARA KECAMATAN BONTOBAHARI DENGAN VERSI SANGGAR SAORAJAE DI KABUPATEN BULUKUMBA

FATIMAH AZ ZAHRAH, NUR (2021) STUDI KOMPARASI GERAK TARI SALONRENG VERSI DESA ARA KECAMATAN BONTOBAHARI DENGAN VERSI SANGGAR SAORAJAE DI KABUPATEN BULUKUMBA. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
JURNAL NUR FATIMAH AZ ZAHRAH.pdf

Download (392kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab masalah (1) Mendeskripsikan tentang perbedaan gerak tari salonreng versi desa ara kecamatan bontobahari dengan versi kreasi sanggar saorajae kabupaten bulukumba (2) Mendeskripsikan persamaan gerak tari salonreng versi desa ara kecamatan bontobahari dengan versi kreasi sanggar sorajae kabupaten bulukumba. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah studi pustaka, observasi, wawancara, perekaman dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tari Salonreng memiliki dua versi yang berada di Desa Ara Kecamatan bontobahari dengan gerakan Aslinya dan gerakan kreasinya di Sanggar Saorajae Kabupaten Bulukumba. Dimana keduanya masing-masing memiliki perbedaan dan persamaan serta memberi gambaran bahwasanya seabagai perempuan berlemah lembutlah dalam mengerjakan sesuatu. Dan tidak selamanya nama tarian sama dengan gerakannya.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 12 Apr 2022 02:36
Last Modified: 12 Apr 2022 02:36
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21592

Actions (login required)

View Item View Item