PENGARUH KREATIVITAS GURU MEMANFAATKAN TEKNOLOGI PADA MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI 1 SINJAI

Hidayat, Muhammad Taufik (2021) PENGARUH KREATIVITAS GURU MEMANFAATKAN TEKNOLOGI PADA MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI 1 SINJAI. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Artikel Skripsi - 1792040014 Muhammad Taufik Hidayat.pdf

Download (126kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh kreativitas guru memanfaatkan teknologi pada masa pandemi covid-19 terhadap motivasi belajar siswa program keahlian akuntansi SMK Negeri 1 Sinjai. Variabel dalam penelitian ini adalah kreativitas guru memanfaatkan teknologi pada masa pandemi covid-19 sebagai variabel bebas dan motivasi belajar sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa program keahlian akuntansi SMK Negeri 1 Sinjai yang terdiri dari 208 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate stratified random sampling dengan sampel sebanyak 68 siswa yang diambil secara acak dan proporsional. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase, uji instrumen dan uji hipotesis. Uji instrumen terdiri dari uji validitas dan uji reliabilitas. Uji hipotesis terdiri dari analisis regresi linear sederhana, uji-t, dan koefisien determinasi. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, diperoleh model persamaan regresi linear sederhana Y’ = 31,092 + 0,375X yang berarti kreativitas guru memanfaatkan teknologi pada masa pandemi covid-19 berpengaruh positif terhadap motivasi belajar dimana setiap penambahan satu nilai kreativitas guru memanfaatkan teknologi pada masa pandemi covid-19, maka nilai motivasi belajar siswa mengalami peningkatan 0,375 satuan. Dari hasil analisis koefisien determinasi (r2 ) diperoleh nilai r2 = 12,7% yang berarti kreativitas guru memanfaatkan teknologi pada masa pandemi covid-19 memiliki kontribusi terhadap motivasi belajar siswa sebesar 12,7% dan sisanya 87,3% dipengaruhi oleh faktor lain. Sementara dari hasil analisis uji-t diperoleh nilai signifikan 0,003< 0,05 yang berarti bahwa variabel kreativitas guru memanfaatkan teknologi pada masa pandemi covid-19 berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa. Dengan demikian hipotesis diterima. Kata kunci: Kreativitas Guru Memanfaatkan Teknologi pada Masa Pandemi Covid-19, Motivasi Belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Akuntansi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 29 Dec 2021 04:57
Last Modified: 29 Dec 2021 04:57
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21590

Actions (login required)

View Item View Item