TARI PAKARENA DALAM ACARA ASSUNNA DI KELURAHAN KALASE’RENA KECAMATAN BONTONOMPO KABUPATEN GOWA (PENYELENGGARA KARAENG YUSUF DAENG PAWA’)

NURINSANI, NURINSANI (2021) TARI PAKARENA DALAM ACARA ASSUNNA DI KELURAHAN KALASE’RENA KECAMATAN BONTONOMPO KABUPATEN GOWA (PENYELENGGARA KARAENG YUSUF DAENG PAWA’). S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
JURNAL _ NURINSANI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data yang jelas, lengkap dan benar tentang: 1) Mendeskripsikan Bentuk Penyajian Tari Pakarena dalam acara Assunna di Kelurahan kalase’rena Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa, 2) Mendeskripsikan Fungsi Tari Pakarena dalam acara Assunna di Kelurahan Kalase’rena Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Bentuk penyajian Tari Pakarena dalam acara Assunna di Kelurahan kalase’rena Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa meliputi : a) Ammuntuli (menjemput panrita), b) A’royong dan Tunrung Pabballe Sumanga’, c) Appalili Tedong dan Ammolong Tedong, d) Ammuntuli Korontigi, e) Rate’ dan Korontigi, f) Angingroi Empo-Empo, g) Appaenteng Jaga Pakarena. 2) Fungsi Tari Pakarena dalam acara Assunna di Kelurahan kalase’rena Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa meliputi : a) Sebagai hiburan dan tontonan mempengaruhi komposisi dalam pembagian babak pertunjukannya dan isian improvisasi yang dilakukan oleh anrongguru sebagai pemimpin pertunjukan, b) sebagai sarana upacara mempengaruhi dalam pembagian dan penempatan babak pertunjukan yang terdiri dari tiga babak. Kata Kunci : Tari , Pakarena, Assunna.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Seni Tari
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 12 Apr 2022 02:36
Last Modified: 12 Apr 2022 02:36
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21583

Actions (login required)

View Item View Item