Analisis Efektivitas Iklan Media Sosial Tokopedia versi Waktu Indonesia Belanja (WIB) dengan Metode Customer Respons Index (CRI) (Studi pada Mahasiswa Prodi S1 Manajemen FEB UNM)

Ruruk, Anna (2021) Analisis Efektivitas Iklan Media Sosial Tokopedia versi Waktu Indonesia Belanja (WIB) dengan Metode Customer Respons Index (CRI) (Studi pada Mahasiswa Prodi S1 Manajemen FEB UNM). S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL ANNA RURUK 1793141023-1.pdf

Download (575kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui efektivitas iklan media sosial Tokopedia versi Waktu Indonesia Belanja pada mahasiswa prodi S1 Manajemen FEB Universitas Negeri Makassar. Variabel dalam penelitian ini adalah efektivitas iklan dengan dimensi awareness, comprehend, interest, intentions, dan action. Jenis penelitian yaitu penelitian kuantitatif, dengan menggunakan data primer. Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa aktif yang sedang menempuh pendidikan S1 pada Program Studi Manajemen, FEB UNM dengan jumlah populasi sebanyak 1.108 mahasiswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan didapatkan jumlah sampel sebanyak 111 responden. Analisis data menggunakan analisis tabulasi sederhana dan metode customer response index (CRI). Hasil penelitian penunjukkan bahwa nilai CRI yang dihasilkan iklan media sosial Tokopedia versi Waktu Indonesia Belanja (WIB) sebesar 19,8%, sedangkan nilai unaware sebesar 24,3%, nilai don’t comprehend sebesar 19,8%, nilai not interest sebesar 23,4%, nilai no intentions sebesar 0,9%, dan no action sebesar 11,7%, di mana nilai CRI yang dihasilkan terletak pada rentang skala 1.00-33.00. Dengan demikian iklan Tokopedia versi Waktu Indonesia Belanja dapat dikatakan kurang efektif. Kata kunci: Efektivitas iklan, media sosial, Customer Response Index (CRI)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Manajemen
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 17 Dec 2021 05:48
Last Modified: 17 Dec 2021 05:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21551

Actions (login required)

View Item View Item