Upaya Peningkatan Tanggung Jawab Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui Model Kooperatif Tipe Think Pair Share Siswa Kelas XI IPA 1 MAN 2 MODEL MAKASSAR

SUKMAWATI, SUKMAWATI (2015) Upaya Peningkatan Tanggung Jawab Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui Model Kooperatif Tipe Think Pair Share Siswa Kelas XI IPA 1 MAN 2 MODEL MAKASSAR. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK SUKMAWATI, 2013. Upaya Peningkatan Tanggung Jawab Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui Model Kooperatif Tipe Think Pair Share Siswa Kelas XI IPA 1 MAN 2 MODEL MAKASSAR. Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jurusan PKn, Fakultas Ilmu Sosial,UNM. Penelitian tindakan ini bertujuan untuk memperoleh informasi atau keterangan menyangkut peningkatan tanggung jawab siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Metode dalam penelitian tindakan adalah penelitian deskriktif kualitatif. populasi penelitian adalah siswa Kelas XI IPA1 yang berjumlah 34 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi atau pengamatan. Data yang diperoleh akan dipaparkan dalam tabel frekuensi selanjutnya akan dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil yang dicapai setelah pembelajaran dengan pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share selama 2 siklus adalah terjadi peningkatan tanggung jawab siswa dalam proses pembelajaran sesuai dengan lembar observasi yang dilakukan selama penelitian, hal ini dapat dilihat pada setiap indikator yaitu“bersediaan menerima tugas” yaitu dari 23 pada siklus I, menigkat menjadi 82. pada indikator kedua “mengerjakan tugas tepat waktu” yaitu 29 pada siklus I meningkat menjadi 82 pada siklus kedua, pada indikator ke tiga “ konsultasi bila ada masalah dalam menyelesaikan tugas”yaitu 29 pada siklus I, siklus kedua mengalami peningkatan menjadi 76, Pada indikator ke empat “ kerja sama dengan pemberi tugas” dari 35 pada siklus I, kemudian siklus II meningkatan menjadi 82, pada indikator ke lima “melaporkan hasil pelaksanaan tugas” 41 pada siklus pertama, siklus II meningkatan menjadi 88, pada indikator ke enam “peserta didik selalu berada dalam kelompoknya” 35 pada siklus I, pada siklus II meningkatan menjadi 88,. pada indikator ke tujuh “ peserta didik aktif dalam kelompoknya” dari 35 pada siklus I, pada siklus II meningkatan menjadi 88, pada indikator kedelapan “ peserta didik yang merasa kaku berada dalam kelompoknya” mengalami penurungan dari setiap pertemuan yaitu dari 47 pada siklus I,pada siklus II siswa yang kaku dalam kelomponya sudah tidak ada, pada indikator ke Sembilan “peserta didik berdiskusidengan teman kelomponya dalam menyelesaikan masalah dalam LKS” juga meningkat yaitu dari 41 pada siklus pertama, pada siklus ke II juga mengalami peningkatan yaitu menjadi76,pada indikator ke sepuluh “peserta didik mampu menjawab atau mempersentasekan hasil kerja kelompoknya di depan kelas” mengalami peningkatan dari 41 pada siklus pertama, pada siklus ke II juga mengalami peningkatan yang cukup pesat menjadi 82. Pembelajaran dengan pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dapat meningkatakan tanggung jawab siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Kewarganegaraan PPKn
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 23 Feb 2017 00:56
Last Modified: 23 Feb 2017 00:56
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2155

Actions (login required)

View Item View Item