KREATIVITAS SANTRI TK/TPA DALAM MEWARNAI KALIGRAFI ISLAM KONTEMPORER DI MASJID BESAR NURUL JIHAD KECAMATAN TAMALATEA KABUPATEN JENEPONTO

NURHAMNAWATI, NURHAMNAWATI (2021) KREATIVITAS SANTRI TK/TPA DALAM MEWARNAI KALIGRAFI ISLAM KONTEMPORER DI MASJID BESAR NURUL JIHAD KECAMATAN TAMALATEA KABUPATEN JENEPONTO. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
JURNAL SKRIPSI NURHAMNAWATI_1781042011.pdf

Download (550kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreativitas santri TK/TPA dalam mewaranai kaligrafi Islam kontemporer di Masjid Besar Nurul Jihad Kecamatan Tamalatea Kabupaten Jeneponto. Jenis penelitian ini merupakan penelitian evaluatif dengan taraf deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang dimaksud untuk memahami suatu fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian. Populasi penelitian ini adalah santri TK/TPA Masjid Besar Nurul Jihad Kecamatan Tamalatea, sebanyak 73 santri. Sampel penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan terpilih sebanyak 39 santri dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas Santri TK/TPA dalam mewaranai kaligrafi Islam kontemporer di Masjid Besar Nurul Jihad Kecamatan Tamalatea Kabupaten Jeneponto ditinjau dari segi harmonisasi warna memiliki kreativitas yang cukup kreatif dengan perolehan nilai akhir rata-rata keseluruhan santri 67, ditinjau dari segi keindahan memiliki kreativitas yang cukup kreatif dengan perolehan nilai akhir rata-rata keseluruhan santri 65, ditinjau dari segi kerapian (keterampilan) memiliki kreativitas yang cukup kreatif dengan perolehan nilai akhir rata- rata keseluruhan santri 64. Secara keseluruhan berdasarkan nilai akhir ke tiga indikator rata-rata keseluruhan santri 65 maka dapat disimpulkan kreativitas Santri TK/TPA dalam mewaranai kaligrafi Islam kontemporer di Masjid Besar Nurul Jihad Kecamatan Tamalatea Kabupaten Jeneponto secara keseluruhan dapat dikatakan cukup kreatif.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan seni Rupa
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 12 Apr 2022 02:36
Last Modified: 12 Apr 2022 02:36
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21507

Actions (login required)

View Item View Item