PENANIAN DOLO DALAM MA’BULLE TOMATE DI KECAMATAN GANDANGBATU SILLANAN KABUPATEN TANA TORAJA SUATU TINJAUAN ETNOMUSIKOLOGI

LORENSA KOMBONG, RINDA (2021) PENANIAN DOLO DALAM MA’BULLE TOMATE DI KECAMATAN GANDANGBATU SILLANAN KABUPATEN TANA TORAJA SUATU TINJAUAN ETNOMUSIKOLOGI. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
JURNAL PENANIAN DOLO DALAM MA'BULLE TOMATE DI KECAMATAN GANDANGBATU SILLANAN KABUPATEN TANA TORAJ.pdf

Download (623kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk; (1) Mendeskripsikan bentuk penyajian Penanian dolo dalam Ma’bulle Tomate di Kecamatan Gandangbatu Sillanan Kabupaten Tana Toraja suatu tinjauan etnomusikologi. (2) Mendeskripsikan bentuk lagu Penanian dolo dalam Ma’bulle Tomate di Kecamatan Gandangbatu Sillanan Kabupaten Tana Toraja suatu tinjauan etnomusikologi. Pada dasarnya penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang memaparkan permasalahan sebagaimana adanya. Penanian dolo merupakan kumpulan nyanyian rohani yang dibawah oleh penginjil (Zendeling) ketika menjalankan misinya memberitakan injil Kristen di Toraja bersama-sama dengan tenaga pembantu Indonesia yang kemudian dibantu oleh beberapa tokoh masyarakat Toraja untuk menerjemahkannya ke dalam bahasa Toraja. Awalnya kumpulan nyanyian ini dipergunakan di dalam liturgi peribadatan Kristen dan diajarkan di sekolah, tetapi seiring berjalannya waktu ketika adanya nyanyian baru dalam liturgi peribadatan Kristen, nyanyian ini mulai dilestarikan oleh masyarakat Kecamatan Gandangbatu Sillanan dengan praktek yang berbeda, yaitu dipergunakan dalam ibadah penghiburan maupun sebagai iringan dalam pengusungan jenazah menuju liang kubur (Ma’bulle Tomate). Bentuk penyajian Penanian dolo dalam Ma’bulle Tomate dilakukan dalam upacara pemakaman yang sifatnya situasional dari segi waktu pelaksanaan, pelaku seni maupun kostum yang dikenakan. Makna Penanian dolo sebagai kidung penghiburan, pemberitaan Firman ataupun semacam pemersatu dalam lingkungan masyarakat Kecamatan Gandangbatu Sillanan. Penanian dolo merupakan bentuk komposisi musik vokal yang disusun oleh para Zendeling dengan bantuan beberapa tokoh di Toraja, maka tidak heran apabila struktur pada lagu-lagu yang ada merupakan lagu dengan bentuk konvensional yang terdiri dari satu bagian atau lebih unsur-unsur pembentuk berupa kalimat tanya-jawab. Dimana setelah dilakukan pengematan dan analisis terhadap melodi dan kaitannya dengan makna syairnya didapati bahwa Penanian dolo memiliki bentuk dua bagian lagu dengan urutan AB=A(a, a’) (b, a’). Kata kunci: Penanian dolo, Ma’bulle tomate, Pemakaman, Akulturasi, Tana Toraja.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 12 Apr 2022 02:36
Last Modified: 12 Apr 2022 02:36
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21497

Actions (login required)

View Item View Item