PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA INTERNET TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 MAKASSAR

Sahade, Sahade and Rijal, Abdul and Atunnisa Nur, Anugrah (2021) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA INTERNET TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 MAKASSAR. Klasikal: Journal of Education, Language Teaching and Science, 3 (2). pp. 61-70. ISSN 2656-9914

[img] Text
artikel_nasional_klasikal2021.pdf

Download (124kB)
[img] Text
peer reviewer jurnal klasikal.pdf

Download (1MB)
[img] Text
TURNITIN PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA INTERNET TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI DI SMK - Sahade Sahade.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://journalfkipuniversitasbosowa.org/index.php/...

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh penggunaan media internet terhadap motivasi belajar siswa program keahlian akuntansi di SMK Negeri 1 Makassar. Variabel dalam penelitian ini adalah penggunaan media internet sebagai variabel bebas (X) dan motivasi belajar siswa sebagai variabel terikat (Y). Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa program keahlian akuntansi SMK Negeri 1 Makassar yang berjumlah 418 siswa pada tahun ajaran 2020/2021. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate stratified random sampling dengan sampel sebanyak 80 siswa yang diambil secara acak dan proporsional. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase, uji instrumen dan uji hipotesis. Uji instrumen terdiri dari uji validitas dan uji reliabilitas. Uji hipotesis terdiri dari analisis regresi linear sederhana, uji t, dan uji koefisien determinasi. Hasil analisis data yang dilakukan, berdasarkan 3 (tiga) indikator yang diukur variabel penggunaan media internet termasuk dalam kategori cukup, sedangkan untuk motivasi belajar siswa dengan 8 (delapan) indikator yang diukur juga berada pada kategori cukup baik. Hasil pengujian hipotesis menggunakan Uji Regresi Liner Sederhana diperoleh model persamaan Y = 24,352 + 0,314X, hal ini berarti bahwa jika penggunaan media internet bernilai nol, maka variabel motivasi belajar siswa program keahlian akuntansi SMK Negeri 1 Makassar sebesar 24,352 satuan. Dari hasil analisis koefisien determinasi (r2) diperoleh nilai r2 = 11,8%, yang berarti pengaruh penggunaan media internet terhadap motivasi belajar sebesar 11,8% sedangkan sisanya sebesar 88,2% dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil korelasi product moment diperoleh nilai R sebesar 0,343 atau sebesar 34,3%, hal ini menunjukkan hubungan variabel (X) penggunaan media internet terhadap variabel (Y) motivasi belajar siswa memiliki hubungan yang rendah (skala 0,200-0,399). Sementara dari hasil analisis uji-t diperoleh nilai signifikan 0,002<0,05 yang berarti penggunaan media internet berpengaruh posistif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa, dengan demikian hipotesis dinyatakan diterima. Implementasi dari penerapan ini menunjukkan bahwa media pembelajaran dalam hal ini internet menjadikan peserta didik sebagai generasi milineal bisa belajar secara mandiri, yang mana internet sebagai media pembelajaran sudah menjadi kebutuhan pokok yang tidak bisa dihindarkan sehingga sangat menarik motivasi peserta didik untuk mau belajar serius dengan materi/pokok bahasan yang diberikan. Hal tersebut membuktikan bahwa internet dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran tidak sekedar memanfaatkannya sebagai sosmed saja tetapi sebagai media pembelajaran tepat dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Internet, Media Pembelajaran dan Motivasi Belajar
Subjects: FAKULTAS EKONOMI
KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Herling HR Sahade
Date Deposited: 11 Dec 2021 13:51
Last Modified: 11 Dec 2021 13:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21474

Actions (login required)

View Item View Item