PENGARUH PENGALAMAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI DAN KEMAMPUAN SOFT SKILLS TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII KOMPETENSI KEAHLIAN AKUNTANSI DI SMK NEGERI 6 MAKASSAR

SAMSINAR, SAMSINAR (2021) PENGARUH PENGALAMAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI DAN KEMAMPUAN SOFT SKILLS TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII KOMPETENSI KEAHLIAN AKUNTANSI DI SMK NEGERI 6 MAKASSAR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (649kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh Pengalaman Praktik Kerja Industri dan Kemampuan Soft Skills secara simultan terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Kompetensi Keahlian Akuntansi di SMK Negeri 6 Makassar. (2) Pengaruh Pengalaman Praktik Kerja Industri dan Kemampuan Soft Skills secara parsial terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Kompetensi Keahlian Akuntansi di SMK Negeri 6 Makassar. (3) Variabel yang berpengaruh dominan terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Kompetensi Keahlian Akuntansi di SMK Negeri 6 Makassar. Variabel dalam penelitian ini adalah pengalaman praktik kerja P a g e | 2 industri sebagai variabel bebas pertama (X1), Kemampuan Soft Skills sebagai variabel bebas kedua (X2) dan kesiapan kerja sebagai variabel terikat (Y). populasinya adalah siswa kelas XII akuntansi SMK Negeri 6 Makassar yang terdiri dari 30 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Teknik sampling jenuh dengan sampel sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase, uji instrumen, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, maka diperoleh model persamaan regresi linear berganda Y=3,852+0,748X1+0,695X2 yang berarti pengalaman praktik kerja industri dan kemampuan soft skills berpengaruh positif terhadap kesiapan kerja dimana setiap penambahan 1 poin pengalaman praktik kerja industri, nilai kesiapan kerja mengalami peningkatan 0,748 serta penambahan 1 poin kemampuan soft skills, nilai kesiapan kerja mengalami peningkatan 0,695. Dari hasil analisis uji t, pengalaman praktik kerja industri secara parsial berpengaruh signifikan 0,018 < 0,05 dan kemampuan soft skills secara parsial berpengaruh signifikan 0,001 < 0,05. Dari analisis uji F, pengalaman praktik kerja industri dan kemampuan soft skills secara simultan berpengaruh signifikan 0,000 < 0,05. Sementara dari hasil koefisien determinasi (R2) yaitu sebesar 0,630 (63%). Hal ini berarti pengaruh pengalaman praktik kerja industri dan kemampuan soft skills terhadap kesiapan kerja siswa adalah sebesar 63% sedangkan sisanya 37% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Serta kemampuan soft skills dominan berpengaruh terhadap kesiapan kerja siswa dengan koefisien determinasi sebesar 0,603 atau 60,3% dengan demikian hipotesis diterima. Kata kunci : Pengalaman Praktik Kerja Industri, Kemampuan Soft Skills, Kesiapan Kerja

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Akuntansi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 02 Dec 2021 01:45
Last Modified: 02 Dec 2021 01:45
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21462

Actions (login required)

View Item View Item