Penerapan Model Pembelajaran Debat Dalam Meningkatkan Keberanian Mengemukakan Pendapat Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Pada Siswa Kelas VII I SMP Negeri 1 Labakkang Kabupaten Pangkep

ISLAMYAH, NUR (2015) Penerapan Model Pembelajaran Debat Dalam Meningkatkan Keberanian Mengemukakan Pendapat Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Pada Siswa Kelas VII I SMP Negeri 1 Labakkang Kabupaten Pangkep. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

Full text not available from this repository.

ABSTRAK NUR ISLAMYAH. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Debat Dalam Meningkatkan Keberanian Mengemukakan Pendapat Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Pada Siswa Kelas VII I SMP Negeri 1 Labakkang Kabupaten Pangkep. Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Keberanian Mengemukakan Pendapat bagi siswa kelas VII I Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Negeri 1 Labakkang Kabupaten Pangkep. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan penelitian tindakan kelas. Prosedur pelaksanaan dalam penelitian ini melalui tahapan-tahapan yang meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian ini berupa data proses dan hasil tindakan yang diperoleh dari hasil observasi dan dokumentasi. Subyek penelitian kelas VII 1 SMP Negeri 1 Labakkang Kabupaten. Pangkep pada semester II tahun pelajaran 2012/2013 dengan jumlah siswa 32 orang yang terdiri dari 14 orang siswa laki-laki dan 22 orang siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus. Pengambilan data dilaksanakan dengan menggunakan observasi yang dilakukan setiap proses pembelajaran berlangsung dengan melaksanakan model pembelajaran debat. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat keberaniaan mengemukaan pendapat siswa SMP Negeri 1 Labakkang Kabupaten Pangkep tergolong baik dan mengalami peningkatan dengan tingkat keberanian bertanya yaitu siklus I terdapat 7 orang siswa (21,87%) dan siklus II terdapat 20 orang siswa (62,5%), Keberanian dalam menjawab yang disampaikan oleh teman-teman sekelasnya yaitu siklus I terdapat 5 orang siswa ( 15,62%) dan siklus II terdapat 15 orang siswa (46,87%), Keberanian dalam menjawab yang disampaikan oleh guru yaitu siklus I terdapat 3 orang siswa (9,375%), dan siklus II 15 orang siswa (46,87%), Keberanian dalam menanggapi pernyataan teman-teman sekelasnya pada proses pembelajaran yaitu siklus I terdapat 7 orang siswa (21,87%) dan siklus II terdapat 16 orang siswa (50%), Keberanian dalam menanggapi pertanyaan guru pada proses pembelajaran yaitu siklus I terdapat 9 orang siswa (28, 12%), dan siklus II 13 orang siswa (40, 62%). Keberanian dalam berdebat pada saat pembelajaran yaitu siklus I terdapat 7 orang siswa dan siklus II terdapat 18 orang siswa (56, 25%) dan Keberanian tampil didepan kelas memberi penjelasan terhadap pembelajaran siklus I terdapat 12 orang siswa(37.5%) dan siklus II terdapat 17 orang siswa (53, 12%).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Kewarganegaraan PPKn
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 23 Feb 2017 00:45
Last Modified: 23 Feb 2017 00:45
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2146

Actions (login required)

View Item View Item