Pengaruh Laba Bersih dan Arus Kas Aktivitas Operasi Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Manufaktur (Sub Sektor Keramik, Kaca, dan Porselen) Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Masita, Assri (2021) Pengaruh Laba Bersih dan Arus Kas Aktivitas Operasi Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Manufaktur (Sub Sektor Keramik, Kaca, dan Porselen) Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Jurnal Assri Masita.pdf

Download (510kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan : (1) untuk mengetahui pengaruh laba bersih dan arus kas aktivitas operasi secara parsial terhadap harga saham, dan (2) untuk mengetahui pengaruh laba bersih dan arus kas aktivitas operasi secara simultan terhadap harga saham. Variabel pada penelitian ini adalah : (1) harga saham sebagai variabel terikat (Y) yang diukur dengan satuan Rupiah, (2) laba bersih sebagai variabel bebas (X1) yang diukur dengan satuan Rupiah, dan (3) arus kas aktivitas operasi sebagai variabel bebas (X2) yang diukur dengan satuan Rupiah. Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sub sektor keramik, kaca, dan porselen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sedangkan sampel pada penelitian ini adalah 6 perusahaan sub sektor keramik, kaca, dan porselen yang diambil dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan Y = 209,267 + 0,010 X1 + 0,004 X2. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat diketahui bahwa laba bersih secara parsial berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Arus kas aktivitas operasi secara parsial tidak berpengaruh signifkan terhadap harga saham. Dapat pula diketahui bahwa laba bersih dan arus kas aktivitas operasi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap harga saham.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Akuntansi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 26 Nov 2021 05:49
Last Modified: 26 Nov 2021 05:49
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21453

Actions (login required)

View Item View Item