Pengaruh Nilai-Nilai Transparansi dan Akuntabilitas terhadap Pengelolaan Keuangan Sektor Publik pada Badan Pendapatan Daerah Provinsi Sulawesi Selatan

Rusrina, Ririn (2021) Pengaruh Nilai-Nilai Transparansi dan Akuntabilitas terhadap Pengelolaan Keuangan Sektor Publik pada Badan Pendapatan Daerah Provinsi Sulawesi Selatan. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL RIRIN RUSRINA.pdf

Download (704kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: untuk memperoleh bukti mengenai adanya pengaruh secara parsial maupun simultan antara nilai-nilai transparansi dan akuntabilitas terhadap pengelolaan keuangan sektor publik pada Badan Pendapatan Daerah Provinsi Sulawesi Selatan. variabel penelitian ini adalah: (1) Pengelolaan Keuangan Sektor Publik sebagai variabel terikat (Y) dan (2) Transparansi dan Akuntabilitas sebagai variabel bebas (X). Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai aktif yang bekerja pada bidang yang berkaitan langsung dengan pengelolaan keuangan sektor publik yaitu sub bagian keuangan, sub bagian umum dan kepegawaian, serta sub bidang perencanaan dan pelaporan, sedangkan sampel pada penelitian ini adalah 30 pegawai aktif di ketiga bidang tersebut yang ditentukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner yang diolah menggunakan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan program SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan Y = 14,789 + 0,390 + 0,588 + e. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat diketahui bahwa Transparansi berpengaruh positif terhadap Pengelolaan Keuangan Sektor Publik dan Akuntabilitas berpengaruh positif terhadap Pengelolaan Keuangan Sektor Publik. Diketahui juga bahwa Transparansi dan Akuntabilitas secara simultan berpengaruh positif terhadap Pengelolaan Keuangan Sektor Publik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Akuntansi
Depositing User: Dede Yulistian A.Md
Date Deposited: 12 Apr 2022 02:35
Last Modified: 12 Apr 2022 02:35
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21444

Actions (login required)

View Item View Item