TINJAUAN ATAS REALISASI ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DAERAH PADA BADAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH KABUPATEN ENREKANG

HIKMAH, RADIATUL (2021) TINJAUAN ATAS REALISASI ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DAERAH PADA BADAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH KABUPATEN ENREKANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
5_6091634141202220204.pdf

Download (549kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perbandingan anggaran pendapatan dan belanja daerah dengan yang telah terealisasikan pada Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Enrekang dengan membandingkan anggaran pendapatan dan belanja daerah dengan realisasi pendapatan dan belanja daerah selama 3 tahun terakhir. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Laporan Realisasi APBD Kab. Enrekang. Sampel yang digunakan dalam pada penelitian ini adalah Data dan dokumen yang berkaitan dengan Laporan Realisasi APBD tahun 2017- 2019. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah yaitu dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif yakni mendeskripsikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Kab. Enrekang mengenai Perbandingan dan analisis Laporan Realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah, menunjukkan bahwa kinerja pendapatan belum mencapai target namun termasuk dalam kategori efektif hal ini terlihat dari lebih kecilnya jumlah yang terealisasi dengan yang dianggarkan. Sedangkan kinerja belanja pemerintah daerah Kab.Enrekang dinilai mampu menghemat anggaran belanja dengan sangat efisien. Hal ini terlihat dari tidak adanya angka realisasi yang melebihi anggaran belanja yang ditargetkan. Kata Kunci: Laporan Realisasi Anggaran, Pendapatan dan Belanja Daerah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 25 Nov 2021 02:59
Last Modified: 25 Nov 2021 02:59
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21434

Actions (login required)

View Item View Item