PENDAPAT MAHASISWA DALAM MATA KULIAH MEMBENTUK PROGRAM STUDI SENDRATASIK FAKULTAS SENI DAN DESAIN UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

Kurnia, Kurnia (2021) PENDAPAT MAHASISWA DALAM MATA KULIAH MEMBENTUK PROGRAM STUDI SENDRATASIK FAKULTAS SENI DAN DESAIN UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Jurnal Kurnia.pdf

Download (475kB)

Abstract

Salah satu mata kuliah yang diprogramkan oleh mahasiswa Sendratasik adalah mata kuliah membentuk. Banyak mahasiswa senang mengikuti mata kuliah ini namun harapannya masih bayak kurang paham tentang perbandingan anatomi tubuh manusia, termasuk otot manusia, bentuk anggota badan yang normal, draveri kulit, dan lain-lain. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mendorong mahasiswa sendratasik dalam memilih mata kuliah membentuk. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu rancangan yang akan menggambarkan apa adanya sesuai dengan fakta yang terjadi dilapangan. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, realitas dan fenomena mengenai analisis terhadap mahasiswa program studi sendratasik pada Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar dalam mata kuliah membentuk akan dipandang sebagai suatu hasil konstruksi pemikiran yang dinamis dan penuh makna. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 15 mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, dokumentasi, dan angket/ wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang mendorong mahasiswa sendratasik dalam memilih mata kuliah membentuk terdiri dari dua yaitu faktor internal meliputi minat sendiri, keinginan untuk menggali kreativitas, semangat untuk menghasilkan karya yang bagus, dan nilai yang diperoleh sesuai dengan kemampuannya, dan faktor eksternal meliputi dorongan teman, kualitas dosen yang sesuai dengan bidang keilmuannya, materi yang diberikan dosen yang mudah dipahami dan tidak membosankan, serta sarana dan prasarana pendukung mata kuliah ini yang sudah lengkap. Adapun hasil karya yang telah dibuat mahasiswa Sendratasik dalam mata kuliah membentuk terdiri dari berbagai macam bentuk, mulai dari bentuk tubuh, bentuk wajah, hingga salah satu bagian pada tubuh.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan seni Rupa
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 28 Mar 2022 08:09
Last Modified: 28 Mar 2022 08:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21405

Actions (login required)

View Item View Item