Fasli Kadir, Muhammad (2021) PERANCANGAN MODUL PEMBELAJARAN MENGGAMBAR DEKORATIF UNTUK PESERTA DIDIK KELAS III SEKOLAH DASAR INPRES MALLENGKERI BERTINGKAT KOTA MAKASSAR. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.
Text
jurnal.pdf Download (969kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang modul pembelajaran menggambar dekoratif untuk peserta didik kelas III Sekolah Dasar yang landasan perancangannya mengacu pada metode penelitian R & D dengan model pengembangan 4-D. Teknik Pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan angket penilaian untuk dua orang validator yaitu ahli materi dan ahli media. Ahli materi memberi penilaian terhadap kelayakan materi yang disajikan, sedangkan ahli media memberi penilaian tentang layout, sampul dan kualitas gambar yang tersaji pada isi modul. Analisis data pada penelitian ini ialah menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif yang kemudian dikonversikan ke data kualitatif. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa modul pembelajaran menggambar dekoratif untuk peserta didik kelas III Sekolah Dasar Inpres Mallengkeri Bertingkat Kota Makassar secara keseluruhan dikatakan layak sebagai bahan pembelajaran karena telah memenuhi karakteristik modul, berupa kelengkapan komponen modul, unsur-unsur grafis pada modul, dan elemen mutu modul. Modul pembelajaran untuk peserta didik berukuran 21 x 29,7 cm dengan tebal HVS 80 gram dan berjumlah 36 halaman termasuk sampul. Kata Kunci : pengembangan, modul, menggambar dekoratif
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan seni Rupa |
Divisions: | FAKULTAS SENI DAN DESAIN |
Depositing User: | Pustaka FSD yayu |
Date Deposited: | 28 Mar 2022 08:08 |
Last Modified: | 28 Mar 2022 08:08 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21397 |
Actions (login required)
View Item |