Syamsuardi, Syamsuardi and HAJERAH, HAJERAH (2018) Penggunaan Model Pembelajaran pada Taman Kanak-Kanak Kota Makassar. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 5 (2). pp. 1-7. ISSN 2527-9513
Text (Artikel Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi)
Artikel Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi - Penggunaan Model Pembelajaran Pada TK.pdf - Published Version Download (433kB) |
|
Text (Peer Review Artikel Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi)
Peer Review Artikel Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi - Penggunaan Model Pembelajaran Pada TK.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran yang digunakan pada lembaga PAUD di Kota Makassar, mengetahui faktor pendukung dan penghambat pemilihan model pembelajaran dan untuk mengetahui keterkaitan antara penggunaan model pembelajaran dengan tingkat kepercayaan masyakat. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif-kualitatif, yaitu suatu metode yang mengamati, menganalis dan menggambarkan fenomena yang terjadi yang meliputi: planing, organizing, actuating, controlling dan faktor-faktor yang memiliki kontribusi terhadap penerapan model pembelajaran pada satuan PAUD di Kota Makassar. Jenis dan sumber data menggunakan jenis data kualitatif dengan sumber data responden yang dibagi menjadi dua yaitu: sumber primer dan sumber sekunder. Dengan demikian peneliti menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi dalam pengumpulan data. Informan penelitian adalah kepala sekolah dan guru Taman Kanak-Kanak di Kota Makassar. Pemilihan informan dilakukan dengan menggunakan tehnik tehnik cluster random sampling dengan teknik analisis data mengikuti langkah- langkah seperti yang dianjurkan oleh Miles dan Huberman yaitu reduksi data, display data, dan pengambilan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan model pembelajaran di taman kanak-kanak kota makassar pada umumnya digunakanmodel pembelajaran sentra, kelompok dan area yang didominasi oleh model pembelajaran sentra. Adapun faktor yang mempengaruhi penerapan model pembelajaran adalah ketersediaan sumber daya manusia dan sarana prasarana lembaga. Sementara keterkaitan tingkat kepercayaan masyarakat dengan penggunaan model pembelajaran ditemukan bahwa penggunaan model sentra memiliki tingkat kepercayaan masyarakat yang lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran lainnya.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran, taman kanak-kanak |
Subjects: | KARYA ILMIAH DOSEN Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN |
Divisions: | KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN KARYA ILMIAH DOSEN |
Depositing User: | S.T., M.T. Faruq Ratuhaji |
Date Deposited: | 24 Nov 2021 11:36 |
Last Modified: | 21 Jan 2022 11:04 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21391 |
Actions (login required)
View Item |