Pelaksanaan Model PembelajaranKooperatifTipeStudent Team Achievement Divisions (STAD)padamatapelajaranPKnsiswakelasVII.a SMP Negeri 1 Bajeng Barat Kabupaten GowaXI SMA Sanur Loka Kecamatan Rumbia Kabupaten Jeneponto

IRMA, IRMA (2014) Pelaksanaan Model PembelajaranKooperatifTipeStudent Team Achievement Divisions (STAD)padamatapelajaranPKnsiswakelasVII.a SMP Negeri 1 Bajeng Barat Kabupaten GowaXI SMA Sanur Loka Kecamatan Rumbia Kabupaten Jeneponto. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK IRMA, 2013. Pelaksanaan Model PembelajaranKooperatifTipeStudent Team Achievement Divisions (STAD)padamatapelajaranPKnsiswakelasVII.a SMP Negeri 1 Bajeng Barat Kabupaten Gowa.PenelitianTindakanKelas (PTK). JurusanPPKn, FakultasIlmuSosial,UniversitasNegeri Makassar. PenelitianTindakanKelas (Classroom action research) inibertujuanuntukmengetahuipeningkatan kemampuan mengemukakan pendapat siswa dibidangPKnpadakelasVII.a SMP Negeri 1 Bajeng Barat Kabupaten Gowamelaluipelaksanaan model pembelajarankooperatiftipeStudent Team Achievement Divisions (STAD). Subyekpenelitiankelas VII.a SMP Negeri 1 Bajeng Barat Kabupaten Gowapada semester II tahunpelajaran 2012/2013 denganjumlahsiswa 29 orang yang terdiridari 17 orang siswalaki-lakidan 11 orang siswaperempuan.Penelitianinidilaksanakan 2 siklus. Pada siklus I siswa yang hadir berjumlah 25 orang sedangkan pada siklus II siswa yang hadir berjumlah 27 orang.Pengambilan data dilaksanakandenganmenggunakanobservasi yang dilakukansetiap proses pembelajaranberlangsungdenganmelaksanakan model pembelajarankooperatiftipeStudent Team Achievement Divisions (STAD). Data yang terkumpuldianalisisdenganmenggunakananalisisdeskriptif. Hasil yang dicapaisetelahpembelajarandenganpelaksanaan model pembelajarankooperatiftipeStudent Team Achievement Divisions (STAD).selama 2 siklusadalahterjadipeningkatankemampuan mengemukakan pendapatsiswadalam proses pembelajaransesuaidenganlembarobservasi yang dilakukanselamapenelitian, halinidapatdilihatdariindikatorkemampuan mengemukakan pendapatsiswayaitu;indikator siswa aktif bertanya dari siklus I adalah12 % menjadi 18,51 % pada siklus II, indikator siswa aktif menjawab pertanyaan dari 12 % menjadi 25,92 %, indikator siswa aktif dalam menyanggah12 % meningkat pada siklus II sebesar 25,92 %, indikator siswa mampu menggunakan bahasa yang baik dan mudah dimengerti0,00 % meningkat pada siklus II sebesar 40,74 %, indikator siswa mampu mengajukan pertanyaan dengan jelas 0,00 %meningkat pada siklus II sebesar 22,22 %, indikator siswa mampu mengemukakan pendapatnya dengan jelas 4 % meningkat pada siklus II sebesar 22,22 % dan indikator pertanyaan siswa lebih relevan sesuai dengan masalah yang didiskusikan4 % menjadi 18,51 % pada siklus II. Pembelajarandenganpelaksanaan model pembelajarankooperatiftipeStudent Team Achievement Divisions (STAD) dapatmewujudkansituasipembelajaran yang menarik, menyenangkandanbermaknabagisiswa.Hal inisesuaidenganhasilrefleksi yang padaumumnyamemberikantanggapanpositiftentangpendekatan yang dilaksanakan.Hasil PTK ini sudah sesuaidenganHipotesis yang diajukandalam PTK.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Kewarganegaraan PPKn
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 23 Feb 2017 00:32
Last Modified: 23 Feb 2017 00:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2136

Actions (login required)

View Item View Item