NILAI DIDAKTIS CERITA FABEL BUKU TEKS BAHASA INDONESIA SMP/ MTs KURIKULUM 2013 DAN APLIKASINYA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK

JUANDA, JUANDA NILAI DIDAKTIS CERITA FABEL BUKU TEKS BAHASA INDONESIA SMP/ MTs KURIKULUM 2013 DAN APLIKASINYA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK. PROSIDING SEMINAR NASIONAL"MEMPERKUKUH PERAN APROBSI DALAM MEWUJUDKAN KEMITRAAN DAN PEMBERDAYAAN PROGRAM STUDI BAHASA DAN SASTRA INDONESIA YANG MANDIRI.

[img] Text
Nilai Didaktis Fabel Prosiding Nasional APROBSI 2016 Dr Juanda M Hum (Revisi) .pdf

Download (500kB)

Abstract

Materi ajar sastra dan pengajarannya di sekolah merupakan salah satu sarana yang berperan penting dalam pembentukan perilaku peserta didik. Karya sastra, cerita fabel memiliki nilai-nilai didaktis. Oleh karena itu, peserta didik harus memahami nilai didaktis yang terdapat dalam karya sastra yang dipelajarinya. Nilai-nilai didaktis yang tertdapat dalam cerita fabel buku teks Bahasa Indonesia SMP/MTs kelas VIII Kurikulum 2013, yaitu: bertanggung jawab, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, sopan, peduli, toleransi, bekerja sama, cerdik, bersahabat, komunikatif, dan pemaaf. Ada empat hal yang berperan dalam pembentukan karakter di lingkungan sekolah, yaitu: Siswa membutuhkan performansi karakter (melaksanakan pekerjaan berdasarkan etika, disiplin, ketekunan, inisiatif, kerja sama, dan lain-lain; Siswa mengembangkan performansi karakter mereka seperti keterampilan, bekerja keras, mengaplikasikan buah pikiran yang positif, melaksanakan pekerjaan dalam hal ini pekerjaan yang baik untuk dilakukan, dan lain-lain, seperti selalu menyelesaikan pekerjaan rumah mereka; Siswa membutuhkan karakter moral dengan melakukan hal-hal yang positif yang berkaitan dengan pembelajaran lingkungan; Siswa mengembangkan karakter moral dari pekerjaan rumah mereka, membantu mereka bekerja sama untuk melaksanakan pekerjaan mereka yang baik. Kata Kunci: Nilai Didaktis, Fabel, Karakter, dan Kurikulum 2013.

Item Type: Article
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 10 Nov 2021 05:57
Last Modified: 10 Nov 2021 05:57
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21351

Actions (login required)

View Item View Item