Rosmalah, Rosmalah and Hasdiana, Hasdiana and Satriani DH, Satriani DH (2019) Pengaruh Ice breaking terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 10 Manurunge Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 3 (3). pp. 204-210. ISSN 2597-4424
Text
jurnal JIKAP Pengaruh Ice breaking terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 10 Manurunge Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone.pdf Download (554kB) |
|
Text
peer reviewer JIKAP PGSD Vol 3 no 3 September 2019.pdf Download (941kB) |
|
Text
turnitin jurnal JIKAP Pengaruh Ice breaking terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 10 Manurunge Kecam - Rosmalah Rosmalah.pdf Download (836kB) |
Abstract
Abstrak Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya minat belajar siswa kelas V di SDN 10 Manurunge, Tanete Riattang, Kabupaten Bone. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana gambaran Minat Siswa pada Kelas V Sekolah Dasar Negeri 10 Manurunge kecmatan Tanete Riattang, Kabupaten Bone dan apakah ada pengaruh signifikan penerapan Ice breaking terhadap minat belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan minat belajar siswa kelas V di SDN 10 Manurunge kecamatan Tanete Riattang, Kabupaten Bone, kemudian untuk mengetahui gambaran minat belajar siswa setelah penerapan ice breaking kepada siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri 10 Manurunge, serta untuk mengetahui pengaruh ice breaking terhadap minat belajar siswa. Pendekatan penelitian adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental semu dalam bentuk desain kelompok kontrol non ekuifalen. Ada dua variabel penelitian yaitu variabel bebas (ice breaking) dan variabel terikat (minat belajar). Total populasi adalah 96 siswa. Sampel penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Data dikumpulkan dengan memberikan Pre-test dan Post-test dan dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai sig. (2 tailed) 0,000 < 0,05 yang berarti bahwa ada perbedaan signifikan dalam minat belajar rata-rata siswa, sehingga dapat disimpulkan bahwa ice breaking memiliki pengaruh signifikan terhadap minat belajar siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ice Breaking dan Minat Belajar |
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN KARYA ILMIAH DOSEN Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN |
Divisions: | KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN KARYA ILMIAH DOSEN |
Depositing User: | Herling HR Sahade |
Date Deposited: | 07 Nov 2021 13:54 |
Last Modified: | 11 Nov 2021 05:16 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21321 |
Actions (login required)
View Item |