Of Online Learning During The Covid19 Pandemic On Students Achievement At Information Technology And Computer Engineering Eduacation Study Program Makassar State University

Muliyani, AL (2021) Of Online Learning During The Covid19 Pandemic On Students Achievement At Information Technology And Computer Engineering Eduacation Study Program Makassar State University. UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
1729040016-Jurnal Muliyani.pdf

Download (527kB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini adalah penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui kualitas penerapan pembelajaran daring, prsetasi belajar mahasiswa dan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pembelajaran daring pada masa pandemi terhadap prestasi belajar mahasiswa Prodi PTIK Universitas Negeri Makassar. Populasi penelitian ini yaitu mahasiswa angkatan 2018 dan 2019 dengan total 409 mahasiswa. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan kuesioner penerapan pembelajaran daring. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan rumus korelasi Pearson product moment dan diolah menggunakan aplikasi SPSS versi 26. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif diperoleh penerapan pembelajaran daring pada masa pandemi yang termasuk kategori sangat kurang yaitu 9,90%, 19,31% pada kategori kurang, 45,05% pada kategori cukup baik, 16,83% pada kategori baik, dan 8,91% pada kategori sangat baik. Hal tersebut menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran daring cukup berhasil selama masa pandemi covid-19. Prestasi belajar mahasiswa pada masa pandemi yang termasuk kategori tidak memuaskan yaitu 8,42%, 1,98% pada kategori kurang memuaskan, 7,92% pada kategori cukup memuaskan, 23,76% pada kategori memuaskan, dan 57,92% pada kategori sangat memuaskan. Hal tersebut menunjukkan bahwa prestasi belajar mahasiswa sangat tinggi walau pada masa pandemi covid-19 dengan pembelajaran secara daring. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai signifikansi = 0,004 lebih kecil dari nilai α = 0,05 sehingga hipotesis yang diajukan “diterima” dan hasilnya berbunyi “Terdapat pengaruh signifikan pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 terhadap prestasi belajar mahasiswa Prodi PTIK Universitas Negeri Makassar”. Hasil yang dicapai mengindikasikan adanya pengaruh signifikan yang menunjukkan bahwa diterapkannya penerapan pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 terhadap prsetasi belajar mahasiswa Prodi PTIK UNM. Untuk itu apapun model pembelajaran yang diterapkan kegiatan belajar mampu menghasilkan nilai yang baik dengan keinginan dan usaha yang keras. Kata Kunci: pembelajaran daring, prsetasi belajar, mahasiswa PTIK, covid-19

Item Type: Article
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pend. Teknik Informatika dan Komputer
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Nov 2021 03:26
Last Modified: 02 Nov 2021 03:26
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21275

Actions (login required)

View Item View Item