PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH, LINGKUNGAN KERJA DAN MOTIVASI MENGAJAR TERHADAP KINERJA GURU SMA NEGERI DI KOTA MAKASSAR

Mutmainna, Dian (2021) PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH, LINGKUNGAN KERJA DAN MOTIVASI MENGAJAR TERHADAP KINERJA GURU SMA NEGERI DI KOTA MAKASSAR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL DIAN MUTMAINNA PEP.pdf

Download (445kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui gambaran supervisi akademik kepala sekolah, lingkungan kerja, motivasi mengajar dan kinerja guru SMA Negeri di Kota Makassar, (2) mengetahui pengaruh supervisi akademik kepala sekolah terhadap kinerja guru SMA Negeri di Kota Makassar, (3) mengetahui pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja guru SMA Negeri di Kota Makassar, (4) mengetahui pengaruh motivasi mengajar terhadap kinerja guru SMA Negeri di Kota Makassar dan (5) mengetahui pengaruh supervisi akademik kepala sekolah, lingkungan kerja dan motivasi mengajar secara bersama-sama terhadap kinerja guru SMA Negeri di Kota Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMA Negeri di Kota Makassar. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan Cluster Proportional Random Sampling yang menghasilkan jumlah sampel 82 orang guru. Variabel penelitian terdiri atas tiga variabel bebas yaitu supervisi akademik kepala sekolah (X1), lingkungan kerja (X2) dan motivasi mengajar (X3) dan satu variabel tak bebas yaitu kinerja guru (Y). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis deskriptif, analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) supervisi akademik kepala sekolah, lingkungan kerja, motivasi mengajar dan kinerja guru kecenderungannya berada pada kategori sangat baik; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan supervisi akademik kepala sekolah terhadap kinerja guru SMAN di Kota Makassar; (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan kerja terhadap kinerja guru SMAN di Kota Makassar; (4) terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi mengajar terhadap kinerja guru SMAN di Kota Makassar; (5) supervisi akademik kepala sekolah, lingkungan kerja dan motivasi mengajar secara bersama-sama mempengaruhi 48,8% kinerja guru SMA Negeri di Kota Makassar sedangkan sisanya sebesar 51,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci : Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Lingkungan Kerja, Motivasi Mengajar, Kinerja Guru

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Penelitian dan evaluasi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 28 Oct 2021 06:14
Last Modified: 28 Oct 2021 06:14
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21271

Actions (login required)

View Item View Item