PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SPEED READING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SDN 125 KARAMPUE KECAMATAN SINJAI UTARA KABUPATEN SINJAI

Muhlisa, Nurul (2021) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SPEED READING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SDN 125 KARAMPUE KECAMATAN SINJAI UTARA KABUPATEN SINJAI. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL NURUL MUHLISA 1647042045.pdf

Download (399kB)

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SDN 125 Karampue. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Penerapan Metode Pembelajaran Speed Reading Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Siswa Kelas V SDN 125 Karampue Kecamatan Sinjai Utara Kabupaten Sinjai? Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui Bagaimana Penerapan Metode Pembelajaran Speed Reading Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SDN 125 Karampue Kecamatan Sinjai Utara Kabupaten Sinjai. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Fokus penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran speed reading dan kemampuan membaca pemahaman. Setting penelitian ini adalah SDN 125 Karampue Kecamatan Sinjai Utara Kabupaten Sinjai tahun ajaran 2020/2021. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN 125 Karampue Kecamatan Sinjai Utara Kabupaten Sinjai, dengan jumlah siswa sebanyak 23 orang terdiri dari 14 orang perempuan dan 9 orang laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumntasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas guru dan siswa serta kemampuan membaca pemahaman. Pada siklus I aktivitas guru dan siswa berada pada kategori cukup (C), siklus II kategori baik (B). Hasil kemampuan membaca pemahaman siswa pada siklus I dikategorikan belum tuntas karena hanya 17 siswa yang memenuhi indikator ketuntasan secara klasikal dan pada siklus II kemampuan membaca pemahaman siswa berada pada kategori tuntas. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran speed reading untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman kelas V SDN125 Karampue Kecamatan Sinjai Utara Kabupaten Sinjai.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 22 Oct 2021 07:58
Last Modified: 22 Oct 2021 07:58
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21266

Actions (login required)

View Item View Item