Hasmawati, Hasmawati (2014) Peningkatan Kemampuan Berpendapat Siswa Melalui Model Pembelajaran Tipe Debat Pada Pembelajaran Mata Pelajaran PKn Kelas VIII SMP NEGERI 1 Enrekang. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Hasmawati. 2013. Peningkatan Kemampuan Berpendapat Siswa Melalui Model Pembelajaran Tipe Debat Pada Pembelajaran Mata Pelajaran PKn Kelas VIII SMP NEGERI 1 Enrekang. Skripsi, Fakultas Ilmu Sosial UNM Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpendapat siswa melalui model pembelajaran tipe debat pada pembelajaran mata pelajaran PKn di Kelas VIII SMP Negeri 1 Enrekang. Pendekatan yang dipergunakan dalam penelitian adalah deskriptif dengan penelitian tindakan kelas (PTK). Satu RPP dengan kompetensi dasar yakni demokrasi. Data dikumpulkan melalui obervasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran tipe debat dapat meningkatkan kemampuan berpendapat siswa pada pembelajaran mata pelajaran PKn Kelas VIII SMP Negeri 1 Enrekang, dengan nilai ketuntasan 89%. Peningkatan kemampuan berpendapat tersebut terutama dalam hal kemampuan memahami masalah, kemampuan mengajukan pertanyaan, kemampuan menanggapi atau menjawab pertanyaan, sikap menerima perbedaan pendapat, dan kemampuan memberikan solusi atau saran atas masalah yang hendak dipecahkan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Kewarganegaraan PPKn |
Divisions: | FAKULTAS ILMU SOSIAL |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 20 Feb 2017 05:25 |
Last Modified: | 22 Feb 2018 06:42 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2126 |
Actions (login required)
View Item |