TINDAK TUTUR ILOKUSI PADA ACARA MAPPETTU ADA PERKAWINAN MASYARAKAT BUGIS BONE SULAWESI SELATAN DAN IMPLIKASI TERHADAP PENGAJARAN BAHASA INDONESIA (KAJIAN PRAGMATIK)

Muhtar, Nurliyana and Usman, Misnawaty and Agussalim, Agussalim (2021) TINDAK TUTUR ILOKUSI PADA ACARA MAPPETTU ADA PERKAWINAN MASYARAKAT BUGIS BONE SULAWESI SELATAN DAN IMPLIKASI TERHADAP PENGAJARAN BAHASA INDONESIA (KAJIAN PRAGMATIK). Eprint Repository UNM. pp. 1-9. (Submitted)

[img] Text
ARTIKEL NURLYANA MUHTAR.pdf

Download (424kB)

Abstract

Abstract: NurlyanaMuhtar. 2021. Ilocution Speaking Actions at the Mappettu Ada CereaAbstrak: Nurlyana Muhtar. 2021. Tindak Tutur Ilokusi pada Acara Mappettu Âda Perkawinan Masyarakat Bugis Bone Sulawesi Selatan dan Implikasi terhadap Pengajaran Bahasa Indonesia. Universitas Negeri Makassar (Dibimbing oleh Usman dan Agussalim). Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan tindak tutur ilokusi pada acara mappettu ada perkawinan masyarakat bugis Bone Sulawesi selatan dan implikasinya terhadap pengajaran bahasa Indonesia. Subjek penelitian ini adalah orang-orang yang melakukan mappettu ada di Kab. Bone. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif mengenai tutur ilokusi pada acara mappettu ada perkawinan dan implikasinya terhadap pengajaran bahasa Indonesia. Metode pengumpulan data yang dilakukan yaitu, observasi dan Dokumentasi. Data dianalisis menggunakan metode kontekstual, yakni dengan menerapkan dimensi-dimensi konteks dalam menafsirkan data yang dikumpulkan, diidentifikasi dan diklasifikasikan. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat 33 data ilokusi yang ditemukan dalam sebuah rekaman suara dalam acara mappettu ada masyarakat bugis Bone yang diambil secara acak pada setiap percakapan. Kemudian, penggunaan tindak tutur asertif akan sangat berguna bagi efektivitas komunikasi dalam dunia pengajaran terutama pengajaran bahasa. Melalui penggunaan tindak tutur asertif dengan paradigmanya, diharapkan dapat memberikan hasil pengajaran bahasa yang lebih baik bagi para peserta didik. Jadi, dapat disimpulkan bahwa, hasil temuan penelitian memberikan informasi yang diperlukan dalam rangka memenuhi tujuan pendidikan nasional. Kata Kunci : Tindak tutur, Ilokusi, Pengajaran bahasa Indonesia.mony In The Marriage of The Bugis Bone In South Sulawesi And Implications on The Teaching of Indonesian Language. State University of Makassar (Supervised by Usman and Agussalim). This research aimed to describe Ilocution Speaking Actions at the Mappettu Ada Ceremony In The Marriage of The Bugis Bone In South Sulawesi And Implications on The Teaching of Indonesian Language .The subject of this research was people who do Mappettu Ada in Kabupaten Bone. This research was a qualitative descriptive study regarding Ilocution Speaking Actions at the Mappettu Ada Ceremony In The Marriage of The Bugis Bone In South Sulawesi And Implications on The Teaching of Indonesian Language. The data collection methods used was observation and documentation. Data were analyzed using contextual methods, namely by applying context dimensions in interpreting the collected, identified and classified data. The findings showed that there was 33 illocutionary data found in a voice recording Mappettu Ada of the Bugis Bone community which was taken randomly in each conversation. Then, the used of assertive speech acts will be very useful for the effectiveness of communication in the world of teaching, especially language teaching. Through the used of assertive speech acts with its paradigm, It was hoped that it can provide better language teaching results for students. So, It can be concluded that the research findings provide the necessary information in order to meet the national education goals. Key Words : speech act, illocutionary, Indonesian language teaching

Item Type: Article
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Bahasa Inggris
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: Muh. Farid Sehuddin
Date Deposited: 18 Oct 2021 00:52
Last Modified: 18 Oct 2021 00:52
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21256

Actions (login required)

View Item View Item