Strategi Guru dalam menyampaikan Apersepsi dan Refleksi dalam Pembelajaran PPKn di SMA Muhammadiyah Kalosi Kec. Alla Kab. Enrekang.

Hardianti, Hardianti (2014) Strategi Guru dalam menyampaikan Apersepsi dan Refleksi dalam Pembelajaran PPKn di SMA Muhammadiyah Kalosi Kec. Alla Kab. Enrekang. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

Full text not available from this repository.

ABSTRAK Hardianti, 2014. “Strategi Guru dalam menyampaikan Apersepsi dan Refleksi dalam Pembelajaran PPKn di SMA Muhammadiyah Kalosi Kec. Alla Kab. Enrekang. “ Skripsi.fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai:1) Kemampuan guru menyampaikan Apersepsi dalam Pembelajaran PPKn di SMA Muhammadiyah Kalosi Kec. Alla Kab. Enrekang.2) strategi guru menyampaikan Refleksi dalam Pembelajaran PPKn di SMA Muhammadiyah Kalosi Kec.Alla Kab.Enrekang.3) kendala-kendala strategi guru dalam menyampaikan Apersepsi dan Refleksi dalam Pembelajaran PPKn di SMA Muhammadiyah Kalosi Kec. Alla Kab. Enrekang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskritif kualitatif yang dimaksudkan untuk menganalisis hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik Jumlah populasi sekaligus sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 2 orang. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa Kemampuan guru dalam menyampaikan Apersepsi dan Refleksi dalam Pembelajaran PPKn di SMA Muhammadiyah Kalosi Kec. Alla Kab. Enrekang dikelompokan dalam tiga hal penting yaitu:1) kemampuan guru menyampaikan Apersepsi dalam Pembelajaran PPKn di SMA Muhammadiyah Kalosi Kec. Alla Kab. Enrekang sudah relatif baik. Seorang guru yang mampu membuka pelajaran dengan baik akan meningkatkan minat belajar pada mata pelajaran yang diajarkan.2) Strategi menyampaikan Refleksi dalam pembelajaran PPKn di SMA Muhammadiyah Kalosi masih kurang baik dalam hal melihat kesiapan peserta didik menurut peneliti dalam observasi yang dilakukan. Seperti dalam keterampilan dalam melaksanakan Refleksi, kreatifitas, cara mengatasi masalah siswa serta berapa lama waktu yang digunakan dalam melakukan Refleksi. Sebelum mengakhiri proses belajar mengajar, dapat diindikasikan langsung bahwa guru selalu memberikan tujuan dan tugas yang harus dilakukan oleh peserta didik.Guna guru untuk mengetahui sejauh mana tujuan pembelajaran itu telah tercapai.3) Kendala-kendala yang dihadapi dalam meyampaikan Apersepsi dan Refleksi dalam pembelajaran yaitu adanya peserta didik yang kurang fokus sebelum membuka pelajaran bahkan sampai menutup pelajaran siswa masih ada yang tidak fokus.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Kewarganegaraan PPKn
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 20 Feb 2017 05:24
Last Modified: 20 Feb 2017 05:24
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2125

Actions (login required)

View Item View Item