Pemanfaatan media dalam proses pembelajaran pendidikan kewarganegaraan (PKn) di SMA Yapip Makassar Sungguminasa Kabupaten Gowa

HARIANTO, TAUFIK (2014) Pemanfaatan media dalam proses pembelajaran pendidikan kewarganegaraan (PKn) di SMA Yapip Makassar Sungguminasa Kabupaten Gowa. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK H. TAUFIK HARIANTO 2013, Pemanfaatan media dalam proses pembelajaran pendidikan kewarganegaraan (PKn) di SMA Yapip Makassar Sungguminasa Kabupaten Gowa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan media dalam proses pembelajaran pendidikan kewarganegaraan (PKn), hambatan – hambatan yang dihadapi berkenaan dengan pemanfaatan media dan solusi atas situasi atau tindak lanjut atas permasalahan dalam pemanfaatan media yang dihadapi oleh guru PKn di SMA Yapip Makassar Sungguminasa Kabupaten Gowa. Penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan populasi terdiri atas seluruh guru pendidikan kewarganegaraan (PKn). Karena jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 4 orang, maka yang menjadi sampel adalah keseluruhan populasi. Pengumpulan data ditempuh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi sedangkan analisis data yang digunakan dengan menggunakan tekhnik presentase ( % ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1). Guru dalam memanfaatkan media pembelajaran PKn sesuai dengan topik-topik bahasan (2). Kondisi media yang tersedia di sekolah banyak yang sudah tidak memenuhi syarat teknis untuk proses pembelajaran hal ini merupakan hambatan sehingga guru berupaya untuk membuatnya sendiri. (3). Guru berupaya membuat media pembelajaran PKn meskipun hasilnya belum memadai sebagaimana yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Kewarganegaraan PPKn
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 20 Feb 2017 05:22
Last Modified: 20 Feb 2017 05:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2124

Actions (login required)

View Item View Item