PENGARUH SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU SD NEGERI KECAMATAN BURAU KABUPATEN LUWU TIMUR

Handayani, Anita (2021) PENGARUH SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU SD NEGERI KECAMATAN BURAU KABUPATEN LUWU TIMUR. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL TESIS.pdf

Download (756kB)

Abstract

Abstrak : Penelitian ini merupakan penelitian survei yang bersifat kausalitas dan diolah dengan analisis jalur . Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SD Negeri Kecamatan Burau Kabupaten Luwu Timur. Pengambilan sampel menggunakan teknik Multistage Random Sampling. Variabel penelitian terdiri atas supervisi kepala sekolah (X1), motivasi kerja (X2), dan kinerja guru (Y). Teknik pengumpulan data berupa kuesioner. Teknik analisa data dengan menggunakan teknik analisis deskriptif dan teknik analisis inferensial. Hasil penelitian yaitu: (1) gambaran kinerja guru, supervisi kepala sekolah dan motivasi kerja guru SD Negeri Kecamatan Burau Kabupaten Luwu Timur masing-masing berada pada kategori sangat baik, (2) supervisi kepala sekolah berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap kinerja guru SD Negeri Kecamatan Burau Kabupaten Luwu Timur, (3) supervisi kepala sekolah berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap motivasi kerja guru SD Negeri Kecamatan Burau Kabupaten Luwu Timur, (4) motivasi kerja guru berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap kinerja guru SD Negeri Kecamatan Burau Kabupaten Luwu Timur, (5) terdapat pengaruh tidak langsung positif dan signifikan supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru melalui motivasi kerja guru SD Negeri Kecamatan Burau Kabupaten Luwu Timur. Kata kunci : Supervisi Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, Kinerja Guru.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > Penelitian dan evaluasi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Dede Yulistian A.Md
Date Deposited: 28 Mar 2022 08:07
Last Modified: 28 Mar 2022 08:07
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21235

Actions (login required)

View Item View Item