EVALUASI PROGRAM TUGAS BELAJAR PENDIDIKAN STRATA DUA (S2) KABUPATEN LUWU TIMUR

AZIS, IRFAN (2021) EVALUASI PROGRAM TUGAS BELAJAR PENDIDIKAN STRATA DUA (S2) KABUPATEN LUWU TIMUR. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Artikel _Irfan Azis 2021.pdf

Download (278kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untu untuk mengetahui pelaksanaan program tugas belajar pendidikan strata dua (S2) di Kantor BKPSDM Kabupaten Luwu Timur. Berdasarkan empat level evaluasi Kirkpatrick. Penelitian ini adalah penelitian evaluatif, metode penelitian yang digunakan yaitu metode gabungan kuantitatif dan kualitatif dengan menggunakan model evaluasi Kirkpatrick. Teknik pengumpulan data melalui kuisioner, wawancara, dan dokumentasi dengan responden yaitu Staf BKPSDM (Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya manusia), staf Dinas Pendidikan Kabupaten Luwu Timur, Kepala Sekolah dan peserta program tugas belajar angkatan pertama Kabupaten Luwu Timur. Teknik analisis data menggunakan analisis gabungan kuantitatif dan kualitatif, data kuantitatif menggunakan analisi deskriftip persentase dan data kualitatif menggunakan analisis model Miles dan Huberman melalui kondensasi data, tampilan data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (a) Pada level reaksi, tingkat kepuasaan peserta terhadap program tugas belajar pendidikan strata dua (S2) Kabupaten Luwu Timur, berdasarkan data kuantitatif dari indikator dimensi; kurikulum, mata kuliah, tujuan pembelajaran, kompetensi dosen, sarana dan prsarana, berada pada kategori sangat baik. (b) Pada level pembelajaran, hasil belajar dari program tugas belajar pendidikan strata dua (S2) ditinjau dari pembelajaran (learning) peserta, berdasarkan indikator dimensi hasil IPK, berada pada kategori sangat baik. (c) Pada level perilaku, perubahan perilaku peserta akibat mengikuti program tugas belajar pendidikan strata dua (S2) ditinjau dari perilaku (behavior) peserta, berdasarkan data kuantitatif yang terdiri atas indikator dimensi; sikap ilmiah, perilaku kerja, berada pada kategori baik. (d) Pada level hasil, dampak program tugas belajar pendidikan strata dua (S2) terhadap unit kerja, yang terdiri atas indikator dimensi; keterampilan melakukan evaluasi dan penelitian, jumlah kegiatan bimbingan dan hasil karya, berada pada kategori baik. Kata kunci: Evaluasi; Program; Tugas Belajar; model; Kirkpatrick

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Penelitian dan evaluasi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 07 Oct 2021 07:03
Last Modified: 07 Oct 2021 07:03
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21221

Actions (login required)

View Item View Item