MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN SISWA MELALUI TARI LALOSU DENGAN METODE DRILL DALAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA KELAS VIII SMPN 5 SAJOANGING KABUPATEN WAJO

Ummul Mu’min, Bs. (2019) MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN SISWA MELALUI TARI LALOSU DENGAN METODE DRILL DALAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA KELAS VIII SMPN 5 SAJOANGING KABUPATEN WAJO. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
JURNAL.pdf

Download (132kB)

Abstract

ABSTRAK , 2019. Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Siswa Melalui Tari Lalosu dengan Metode Drill dalam Pembelajaran Seni Budaya Kelas VIII SMPN 5 Sajoanging Kabupaten Wajo. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Tari siswa pada materi belajar Tari Lalosu dengan menggunakan Metode Drill. Penelitian ini merupakan penelitian jenis semi penilitian tindakan kelas dengan diawali observasi awal. Dilanjutkan dengan tindakan observasi, penerapan atau pelaksanaan, pengamatan dan refleksi, dan kesimpulan. Subyek penelitiannya adalah kelas VIII tingkat SMPN 5 Sajoanging Kabupaten Wajo tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini jenis kualitatif deskriptif dengan teknik analisis data komparasi konstan pada metode kualitatif kemudian reduksi hasil meningkatkan pengetahuan dan keterampilan menggunakan teknik kuantitatif. Pelaksanaan pembelajaran Tari Lalosu menggunakan metode Drill diawali dengan penelitian menjelaskan beberapa pengertian mengenai tari daerah setempat dan memeragakan Tari Lalosu, lalu siswa diminta untuk mengulang beberapa penjelasan tentang seni tari dan Tari Lalosu setelah itu siswa diminta menirukan ragam gerak yang diperagakan, selanjutnya siswa diberikan waktu untuk berlatih sendiri dan kemudian siswa diminta memeragakan materi yang telah diberikan. Hasil belajar Tari Lalosu menggunakan metode Drill pada siswa kelas VIII SMPN 5 Sajoanging Kabupaten Wajo menunjukkan bahwa siswa mampu memeragakan Tari Lalosu dengan baik dan sesuai dengan bobot nilai yang diberikan, kriteria baik diberikan berdasarkan penilaian aspek wiraga, wirama, wirasa, dan kekompakan. Dilihat dari hasil tes peningkatan pengetahuan keterampilan siswa yang dimana pada sisklus I yang belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal, seperti contoh siswa atas nama Ramli yang memiliki nilai 67 dari 4 aspek penilaian, namun ketika ditindak lanjutkan pada siklus II dengan menggunakan metode Drill siswa atas nama Ramli telah mengalami peningkatan yaitu 78 yang telah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal. Jadi hasil komparasi dari siklus I dan siklus II mengalami peningkatan sebanyak 15. Kata kunci: Pembelajaran metode drill, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, tari.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 28 Mar 2022 08:08
Last Modified: 28 Mar 2022 08:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21210

Actions (login required)

View Item View Item