PENGARUH SIKAP SISWA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI DASAR SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI 1 MAKASSAR

FIRMANSYAH, AHMAD (2021) PENGARUH SIKAP SISWA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI DASAR SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI 1 MAKASSAR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL-AHMAD FIRMANSYAH-1692040008-PENDIDIKAN AKUNTANSI.pdf

Download (280kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui pengaruh sikap siswa dan motivasi belajar secara simultan terhadap keaktifan belajar mata pelajaran akuntansi dasar siswa kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Makassar, (2) untuk mengetahui pengaruh sikap siswa dan motivasi belajar secara parsial terhadap keaktifan belajar mata pelajaran akuntansi dasar siswa kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Makassar, dan (3) untuk mengetahui variabel bebas yang berpengaruh dominan terhadap keaktifan belajar mata pelajaran akuntansi dasar siswa kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Makassar. Variabel penelitian ini adalah sikap siswa sebagai variabel bebas pertama (X1), motivasi belajar sebagai variabel bebas kedua (X2) dan keaktifan belajar sebagai variabel terikat (Y). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Makassar dengan jumlah siswa sebanyak 145 siswa, sedangkan sampel sebanyak 59 siswa yang diambil dengan teknik proportionate stratified random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif persentase, uji asumsi klasik, uji instrumen, dan uji hipotesis yang meliputi analisis regresi linear berganda, uji F, koefisien determinasi dan uji t. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, maka diperoleh model persamaan regresi linear berganda Y=5,231+0,076X1+0,381X2 yang berarti sikap siswa dan motivasi belajar berpengaruh positif terhadap keaktifan belajar, dimana setiap penambahan 1 satuan sikap siswa, maka nilai keaktifan belajar mengalami peningkatan 0,076 satuan serta penambahan 1 satuan motivasi belajar, maka nilai keaktifan belajar mengalami peningkatan 0,381 satuan. Dari hasil analisis uji t, sikap siswa berpengaruh signifikan terhadap keaktifan belajar dengan nilai signifikan 0,001<0,05 dan motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap keaktifan belajar siswa dengan nilai signifikan 0<0,05. Dari analisis uji F, sikap siswa dan motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap keaktifan belajar dengan nilai signifikan 0<0,05. Sementara itu, koefisien determinasi (R2 ) yaitu sebesar 0,765 atau 76,5%. Hal ini berarti bahwa pengaruh sikap siswa dan motivasi belajar terhadap keaktifan belajar adalah sebesar 76,5%, sedangkan sisanya 23,5% dipengaruhi oleh faktor lain. Serta motivasi belajar dominan berpengaruh terhadap keaktifan belajar siswa dengan koefisien determinasi sebesar 0,717 atau 71,7%, dengan demikian hipotesis diterima. Kata kunci : Sikap Siswa, Motivasi Belajar, Keaktifan Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Akuntansi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 05 Oct 2021 05:47
Last Modified: 05 Oct 2021 05:47
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21198

Actions (login required)

View Item View Item