Sakawati, Herlina and Widyawati, Widyawati and Sulmiah, Sulmiah (2017) Pelayanan Penerbitan STNK di Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) Kabupaten Bone. Jurnal Ilmu Administrasi, 14 (2). pp. 237-251. ISSN 2614-2597
Text
Jurnal Ilmu Administrasi Volume XIV Nomor 2 Desember 2017.pdf Download (1MB) |
|
Text
peer reviewer jurnal ilmu adm vol 14 no 2, des 2017.pdf Download (5MB) |
|
Text
Turnitin Pelayanan Penerbitan STNK di Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) Kabupaten Bone.pdf Download (4MB) |
Abstract
Abstrak Kewajiban negara dalam melayani masyarakat mendorong pemerintah mempersiapkan pelayanannya, khususnya pelayanan penerbitan STNK. Permasalahan yang ada dalam pelayanan STNK menjadi beban bagi pemerintah sebab hal tersebut memberikan kesan negatif terhadap masyarakat. Tujuan penelitian ini, untuk mengetahui pelayanan penerbitan STNK di kantor Samsat Kabupaten Bone. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan dari 5 fokus pelayanan yaitu 1) kehandalan (reliability); 2) bukti langsung (tangibles); 3) daya tanggap (responsiviness); 4) jaminan (assurance); 5) empati (empathy), sudah mampu memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, namun dari kelima fokus pelayanan tersebut yang perlu mendapatkan perhatian lebih lanjut terkhusus pada fokus daya tanggap (responsiviness). Dari 7 faktor determinan yang digunakan untuk melihat proses pelayanan penerbitan STNK di Kantor Samsat Kabupaten Bone, 4 diantaranya menjadi faktor pendukung dalam proses pelayanan yaitu faktor 1) faktor kesadaran; 2) faktor pendapatan; 3) faktor keterampilan petugas; 4) faktor sarana, sedangkan dua faktor lainnya menjadi faktor penghambat dalam pelayanan penerbitan STNK di Kantor Samsat Kabupaten Bone yaitu, faktor aturan dan faktor organisasi. Dengan masih terdapatnya kekurangan dalam pemberian pelayanan penerbitan STNK, penting bagi pihak Kantor Samsat Kabupaten Bone untuk mengoptimalkan pelayanan sesuai dengan tujuan, visi, misi, dan motto yang diinginkan dalam rangka terwujudnya pelayanan prima.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pelayanan Publik, STNK, Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) |
Subjects: | FAKULTAS ILMU SOSIAL KARYA ILMIAH DOSEN Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN |
Divisions: | KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN KARYA ILMIAH DOSEN |
Depositing User: | Herling HR Sahade |
Date Deposited: | 05 Oct 2021 06:44 |
Last Modified: | 11 Oct 2021 06:32 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21196 |
Actions (login required)
View Item |