Pelayanan Penerbitan STNK di Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) Kabupaten Bone

Sakawati, Herlina and Widyawati, Widyawati and Sulmiah, Sulmiah (2017) Pelayanan Penerbitan STNK di Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) Kabupaten Bone. Jurnal Ilmu Administrasi, 14 (2). pp. 237-251. ISSN 2614-2597

[img] Text
Jurnal Ilmu Administrasi Volume XIV Nomor 2 Desember 2017.pdf

Download (1MB)
[img] Text
peer reviewer jurnal ilmu adm vol 14 no 2, des 2017.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Turnitin Pelayanan Penerbitan STNK di Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) Kabupaten Bone.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://jia.stialanbandung.ac.id/index.php/jia/arti...

Abstract

Abstrak Kewajiban negara dalam melayani masyarakat mendorong pemerintah mempersiapkan pelayanannya, khususnya pelayanan penerbitan STNK. Permasalahan yang ada dalam pelayanan STNK menjadi beban bagi pemerintah sebab hal tersebut memberikan kesan negatif terhadap masyarakat. Tujuan penelitian ini, untuk mengetahui pelayanan penerbitan STNK di kantor Samsat Kabupaten Bone. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan dari 5 fokus pelayanan yaitu 1) kehandalan (reliability); 2) bukti langsung (tangibles); 3) daya tanggap (responsiviness); 4) jaminan (assurance); 5) empati (empathy), sudah mampu memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, namun dari kelima fokus pelayanan tersebut yang perlu mendapatkan perhatian lebih lanjut terkhusus pada fokus daya tanggap (responsiviness). Dari 7 faktor determinan yang digunakan untuk melihat proses pelayanan penerbitan STNK di Kantor Samsat Kabupaten Bone, 4 diantaranya menjadi faktor pendukung dalam proses pelayanan yaitu faktor 1) faktor kesadaran; 2) faktor pendapatan; 3) faktor keterampilan petugas; 4) faktor sarana, sedangkan dua faktor lainnya menjadi faktor penghambat dalam pelayanan penerbitan STNK di Kantor Samsat Kabupaten Bone yaitu, faktor aturan dan faktor organisasi. Dengan masih terdapatnya kekurangan dalam pemberian pelayanan penerbitan STNK, penting bagi pihak Kantor Samsat Kabupaten Bone untuk mengoptimalkan pelayanan sesuai dengan tujuan, visi, misi, dan motto yang diinginkan dalam rangka terwujudnya pelayanan prima.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Publik, STNK, Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL
KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Herling HR Sahade
Date Deposited: 05 Oct 2021 06:44
Last Modified: 11 Oct 2021 06:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21196

Actions (login required)

View Item View Item