Pengembangan Nilai-nilai Kewarganegaraan dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di SMA Negeri I Kahu Kabupaten Bone

ASTUTI, AYU (2015) Pengembangan Nilai-nilai Kewarganegaraan dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di SMA Negeri I Kahu Kabupaten Bone. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

Full text not available from this repository.

ABSTRAK AYU ASTUTI, 2015. Pengembangan Nilai-nilai Kewarganegaraan dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di SMA Negeri I Kahu Kabupaten Bone. Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan : (1) Mengetahui relevansi kegiatan kepramukaan dengan pengembangan nilai-nilai kewarganegaraan; (2) Mengetahui faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pengembangan nilai-nilai kewarganegaraan melalui kegiatan kepramukaan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi, wawancara serta dokumen. Informan dalam penelitian ini adalah pengurus inti Pramuka SMA Negeri 1 Kahu Kabupaten Bone sebanyak 12 orang. Analisis data yang digunakan adalah mendeskripsikan hal-hal berdasarkan hasil pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1. Relevansi kegiatan Pramuka di SMA Negeri 1 Kahu sangat menunjang dalam menanamkan nilai-nilai kewarganegaraan khususnya nilai karakter bangsa peserta didik. Nilai karakter bangsa yang dapat dikembangkan meliputi nilai religius, cinta tanah air, kedisiplinan, tanggung jawab, semangat kebangsaan, kreativitas, peduli lingkungan, kerjasama, dan keberanian. Hal tersebut dapat dilihat melalui berbagai kegiatan yang dilaksanakan dalam kepramukaan. Seperti: (1). Perkemahan dapat membentuk karakter mandiri, peduli lingkungan dan kerja sama. (2). Ketangkasan pioneering dapat membentuk karakter keberanian, ketelitian, percaya diri, ketekunan, kerja sama dan kesabaran. (3). Keterampilan tali temali membentuk karakter ketelitian, kesabaran, kerjasama, dan tanggung jawab. (4). Penjelajahan dengan tanda jejak dapat membentuk karakter religius, toleransi, cinta tanah air, peduli lingkungan, kerja sama, dan tanggung jawab. Dengan adanya pendidikan nilai karakter bangsa yang dilakukan dalam kegiatan kepramukaan, sedikit demi sedikit sikap dan perilaku anak (anggota Pramuka) mulai mengalami kemajuan secara progresif. 2. Faktor yang mendukung kegiatan dalam pengembangan nilai-nilai kewarganegaraan yaitu sarana prasarana yang menunjang, dimasukkannya pendidikan kepramukaan sebagai ekstrakulikuler wajib, kualitas pembina serta adanya dukungan dari keluarga. Hambatan yang ada dibagai menjadi dua yaitu hambatan internal dan hambatan eksternal. Hambatan internal antara lain yaitu rasa kelelahan anak-anak karena banyaknya tugas dari sekolah, terbatasnya dana kegiatan untuk mengembangkan nilai karakter bangsa melalui kegiatan kepramukaan. Hambatan ekstrenal yaitu perbedaan lingkungan berkarakter antara lingkungan sekolah dengan lingkungan masyarakat sekitar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Kewarganegaraan PPKn
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 20 Feb 2017 01:31
Last Modified: 20 Feb 2017 01:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2119

Actions (login required)

View Item View Item